Pameran Drawing Cilacap, digelar di kedai kopi

Pagi itu langit tampak mendung. Beberapa perupa muda yang saat itu telah memajang karyanya di sudut-sudut ruang sudah siap untuk berdiskusi dengan tema “Membaca rupa-rupa warna aktifitas seni di Cilacap”

Suasana Diskusi Pameran Drawing di Kedai Kopi Kolosal, 12 Mei 2022

Sederhana,
Mungkin ini kesan yang muncul dalam pergelaran pameran drawing di kedai kopi Kolosal yang dibuka pada 12 Mei 2022.

Merespon sebuah gerakan yang digagas oleh rekan-rekan Forum Drawing Indonesia (FDI), para perupa muda di Cilacap kemudian turut serta berpartisipasi dalam gerakan Indonesia Menggambar dan Pameran Drawing serentak se-Indonesia yang diselenggarakan pada Bulan Mei tahun 2022 ini.

Dalam diskusi yang dilangsungkan di pelataran Kedai Kopi Kolosal pagi itu selain para perupa muda yang memajang karyanya, hadir pula Hani Santana, Midhan Anis, Bowo, Onya, Hendy Santana dan juga Tofik Suseno.
Diskusi hangatpun berjalan dimoderatori oleh Insan Indah Pribadi.

Hani Santana yang saat itu didapuk sebagai pemantik dalam diskusi, menyambut baik rencana para perupa muda di Cilacap yang ingin membangun iklim berkesenian di Cilacap menjadi lebih baik. Selanjutnya Hani juga berharap semangat berpameran ini jangan berhenti sampai disini. “Musti berjalan terus, nggak hanya setiap tahun, tapi tiap bulan” ungkapnya sembari bercanda memberi semangat pada para perupa muda yang hadir saat itu.

Sementara itu, Midhan Anis juga turut serta memberikan motivasi. Baginya dalam menjalani aktifitas berkesenian tak lepas dari proses panjang. Tidak ada yang instan, semua pasti melalui proses yang tentunya tidak mudah. “Yang penting konsisten, selanjutnya mengalir dan organik. Semua itu proses.” Ungkapnya.

Disisi lain Bowo yang juga menjawab beberapa pertanyaan dari para peserta diskusi, menunggu aksi selanjutnya dari para perupa untuk menggelar pameran yang lebih serius dan tertata dengan konsep yang dibangun menjadi lebih hidup dan memiliki karakter kuat dalam menyampaikan gagasan atau pesan dari pameran karya itu sendiri. “Saya tunggu next pameran!” Ungkapnya pada sesi akhir diskusi pagi itu.

Nanang Sugiarto mendapat suntikan semangat dari Bowo dalam Pameran Drawwing, 12 Mei 2022

Nanang Sugiarto selaku koordinator pameran yang saat itu turut serta dalam diskusi menyatakan siap untuk menggelar pameran selanjutnya dengan memanfaatkan ruang-ruang publik yang ada di Cilacap. “Semoga setelah ini kami bisa menggelar pameran lagi di beberapa tempat, doakan ya.” ungkap laki-laki yang kini tinggal di Adipala Cilacap.

Pameran yang khusus memajang karya-karya Drawing ini dibuka setiap hari pukul 10.00 wib sd 19.00 wib dan akan digelar hingga 15 Mei 2022.
Ada sedikitnya 20 karya yang dipamerkan hasil goresan kreatif 7 perupa muda diantaranya : Septian Tedy, Arif Hartanto, Dedy Hartanto, Nanang Sugiarto, Rosi Novzelliyanti, Dianaji S dan Nadia Hasna Lazuardi.

Tinggalkan komentar