RSS

FILM BENTENG PENDEM terus berlanjut

22 Mei

benteng1.jpg

Sekilas ide cerita Film Benteng Pendem ungkapan Dewi Kusumawati :

Bangunan Benteng Pendem yang berada di Cilacap ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah bagi perjuangan bangsa Indonesia. Diantara benteng – benteng yang dibangun oleh penjajah, benteng pendem memiliki keunikan tersendiri yaitu bangunanya yang dibuat dibawah permukaan tanah. Benteng ini juga berada ditempat yang strategis tepat di depan pantai Teluk Penyu dan berseberangan dengan pulau Nusakambangan.

Tetapi saat ini sebagai bangunan bersejarah, benteng ini memiliki nasib yang sama dengan benteng – benteng yang ada diseluruh Indonesia. Sebagian bangunanya sudah menjadi lahan industri dan sebagian yang masih utuh kurang terpelihara dengan baik.

Karena beberapa alasan tersebut, akhirnya kami coba untuk membuat dokumentasi berupa gambar yang akan tetap bisa dilihat. Karena dokumen – dokumen yang kami dapat berupa tulisan dan foto sangat sedikit. Itupun kalau dicocokkan dengan keadaanya yang sekarang ada beberapa perubahan disana- sini.

Kami mencoba menyertakan juga beberapa komentar dan penjelasan mengenai Benteng Pendem Cilacap. akhirnya kami berharap film ini bisa menjadi salah satu dokumen dan juga peninggalan yang bisa ditonton oleh generasi berikutnya yang bisa memelihara dan mendokumentasikan lebih lanjut tentang kondisi benteng dan tidak melupakan sejarah benteng pendem.

 

heru.jpgHeru – Pelaku Budaya – MATaYA Solo:

Permasalahannya adalah bagaimana caranya masyarakat menjadi berpikir untuk peduli terhadap Benteng Pendem.

Ya mungkin salah satunya adalah dengan membuat acara-acara yang bertajuk budaya di kawasan sekitar Benteng Pendem. Jadi secara tidak langsung, masyarakat menjadi mengerti akan Benteng Pendem dan mulai mencintai daerahnya, yang kemudian tergugah untuk merawatnya.

amin.jpgAmin – pengamat sejarah -Yayasan LPTP Solo:

Kita melihat banyak bangunan-bangunan bersejarah yang terbengkalai, itu menunjukan bahwa kita kurang menghargai terhadap artefak-artefak bersejarah, yang itu sebenarnya dapat dijadikan bahan pelajaran kita untuk mengenal masa lalu.

( UNTUK INFORMASI TENTANG FILM Hub : Insan 081 21563110)

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 22, 2007 in BERITA TERBARU

 

6 responses to “FILM BENTENG PENDEM terus berlanjut

  1. adeeee

    Oktober 18, 2007 at 12:26 pm

    menurut saya, memelihara dan mengembangkan potensi benteng pendem (terutama potensi sejarah dan pariwisata)
    tentu aj hrs ada dukungan dr pemerintah n masyarakat. Spt yg kita tahu, pemerintah kab. cilacap membangun beberapa playground anak2 dan sarana lainnya serta menambal beberapa bag. benteng yg dah ancuer. Well..dr kaca mata saya, yg dilakukan pemerintah ini(dlm. hal ini dns. pariwisata)adalah sesuatu yang sama sekali SALAH. Mengapa ? of course klo kita pergi ke obj. wisata sejarah kita pasti ingin merasakan “feel” pd saat banguanan sejarah itu masih beroprasi jaman dulu yang tentunya tak lepas dari kesan alaminya. Namun saya yakin kita tak akan mendapatkan “feel” itu saat memasuki benteng pendem. Pembangunan playground dan bangunan2lain dengan warna2 cerah lagi norak dan desain yang tidak sesuai dgn theme dari benteng pendem itu sendiri adalah penyebabnya. [Detail]Sebagai contoh, di dekat pintu masuk kita akan bertemu dgn sosok dinosaurus berwarna warni. Hal tersebut akan membuat kita berfikir, “ini benteng pendem apa taman bermain sih?”. Sebenarnya boleh2 saja utk. membangun amusement area spt. taman bermain anak, tapi kita juga
    tdk boleh. mengesampingkan theme yang diusung dan kesesuaian desain!Hal inilah yang dilupakan dns. pariwisata.

    Adalagi hal unik yg bs anda temui ketika masuk lbh dalam lg ke benteng pendem. Ada “kroakan” tembok yg ditambal,namun ditambal dengan semen biasa. Terlihat sangat aneh dan (maaf)konyol!. Akan terlihat jelas gradasi warna antara tambalan semen&tembok aslinya. Sebaiknya sih bagian yg kroak itu ga usah ditambal. Biarain aj biar kelihatan lbh. alami dan seni made by nature. Untuk memelihara benteng pendem, sbaiknya (untuk tahap awal) dibersihkan menyeluruh saja dulu.

    segitu dl. komen saya. maaf klo ad yg tersinggung.
    MAJU TERUS PERFILMAN CILACAP!

     
  2. Rio

    November 29, 2007 at 8:53 am

    Benteng pendem merupakan salah satu peninggalan sejarah bangsa indonesia, namun kebanyakan peninggalan sejarah indonesia banyak yang diabaikan, salah satunya adalah dalam segi perawatannya, jika kita tidak merawat peninggalan tersebut, bisa jadi dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan kita akan kehilangan peninggalan sejarah itu sedikit demi sedikit, oleh karena itu mari kita jaga dan kita lestarikan warisan leluhur ini, kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikannya

     
  3. dedy

    Agustus 12, 2008 at 8:32 am

    untuk menghargai jasa para pahlawan,salahsatu caranya adalah mnghargai jejak peninggalan dan situs sejarah seperti bantengpendem ini?

     
  4. dedy

    Agustus 12, 2008 at 8:34 am

    KALAU MAU KESANA NAIK APA DAN TURUN DIMANA YA?

     
  5. bagus

    Oktober 22, 2008 at 5:35 am

    kapan mau dibuatnya???aku pasti nonton…ada audisinya ga nih????ikutan dong…sekalian cari tahu lebih dalem tentang benteng pendem ini….coz mekipun aku orang cilacap, tapi awam dengan kisah yang berselimut tentang benteng pendem ini…..

     
  6. Laely

    Juli 19, 2010 at 4:36 am

    stuju bgt dgn wacana bt bikin film ttg benteng pendem,,,namun alangkah baiknya jika film tsb tdk hanya ttg 1 benteng itu saja, tetapi semua peninggalan ms kolonial yg ada di cilacap,,kita bisa ngambil juga ttg benteng di Nusakambangan, benteng pendem, n mgkn ada beberapa t4 lain yg belum terpublikasikan. DGn adanya film ini, kita bisa mengubah paradigma siswa dan mgkn masyarakat umum utk mengetahui dan memahami bangunan2 yg smula mereka anggap tdk berguna itu,memiliki makna di dalamnya. Jika memang srius, sy ingin skali terlibat dlm pembuatannya.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: