Festival Film Purbalingga, Anugerahkan LINTANG KEMUKUS pada Tofik Suseno.

Bowo Leksono memberikan Anugerah LINTANG KEMUKUS pada Tofik Suseno

Gelaran Festival Film Purbalingga yang memasuki tahun ke-16 ini dihelat dari tanggal 6 Agustus 2022 Sd 3 September 2022. Beragam progran acara mewarnai gelaran Festival Film Purbalingga, diantaranya Kompetisi Film Fiksi Pelajar, Kompetisi Film Dokumenter Pelajar, Jalan Baru Cerita Kita, Pemutaran Film JKFB, Layar Klangenan, Rupa Indonesia, Focus On Joko Narimo, Jagongan Banyumasan, dan Layar Tanjleb yang dijalankan di 17 titik di Banyumas Raya (Kebumen, Cilacap, Banyumas, Banjarnegara dan Purbalingga)

Tiba di puncak acara yaitu Malam Penghargaan Festival Film Purbalingga 2022 yang dilaksanakan di Gedung Misbar, komplek Usman Janatin Purbalingga. Para Pelajar se-Banyumas Raya hadir memeriahkan ajang kompetisi yang memperebutkan penghargaan Film Fiksi Pelajar Terbaik dan Film Dokumenter Pelajar Terbaik, serta beberapa penghargaan lainya.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, selain penghargaan bagi pelajar melalui kompetisi Film, Festival Film Purbalingga juga memberikan penghargaan khusus bagi para pelaku seni yang dianggap telah berkontribusi turut serta membangun dan melestarikan budaya di wilayah Banyumas Raya. Penghargaan ini diberikan kepada individu maupun kelompok yang secara nyata berkontribusi atas kesenian dan kebudayaan di Banyumas Raya dalam berbagai aktivitasnya. Penghargaan tersebut diberi nama “Lintang Kemukus”

Penghargaan Lintang Kemukus untuk kategori Tradisi pada tahun ini diberikan kepada almarhum Tuwarno, seniman tradisi asal Kabupaten Purbalingga.

Selanjutnya Penghargaan Lintang Kemukus kategori Modern dianugerakan kepada Tofik Suseno, selaku pelaku seni yang telah puluhan tahun mendedikasikan dirinya pada bidang seni music dan seni pertunjukan. Tofik seringkali memfasilitasi para pelajar se Banyumas Raya untuk melahirkan karya-karya film. Mengedukasi akan pentingnya membuat karya musik sendiri untuk digunakan sebagai ilustrasi musik pada film-film yang diproduksi oleh para pelajar.

Dalam sambutan menghantar penganugerahan Lintang Kemukus Modern, Bowo Leksono selaku Penasehat dari Festival Film Purbalingga 2022 menyampaikan bahwasanya sosok Tofik banyak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan film di wilayah Banyumas Raya. “Sosok yang satu ini, banyak membantu di bidang film. Memberi Suport dari sisi yang lain, tapi tetap dibutuhkan terutama di wilayah Banyumas Raya.” Ungkapnya sesaat sebelum memberikan penghargaan Lintang kemukus kategor modern pada Tofik Suseno.

Bowo Leksono mengajak para hadirin untuk menyanyikan lagu Panjang Umur

Sementara itu, Tofik Suseno yang sama sekali tidak menyangka mendapat Anugerah Lintang Kemukus kategori Modern dari Festival Film Purbalingga mengungkapkan rasa syukur dan juga terimakasih pada seluruh kerabat dan Punggawa Festival Film Purbalingga 2022. Rasa haru bercampur bahagia pada malam hari itu bertambah, tatkala Bowo Leksono mengajak para penonton yang hadir pada malam hari itu  untuk bersama-sama melantunkan lagu Panjang Umur bagi Tofik Suseno.

“Saya nggak ngeh, karena awalnya saya datang kesini untuk memeriahkan gelaran Festival Film Purbalingga bersama teman-teman Tabuh Singmoni. Terimakasih atas Anugerah yang diberikan pada saya, semoga saya bisa menjaga apresiasi kawan-kawan sekarang dan di masa yang akan datang. Saya utang rasa pada teman-teman dan sedulur semua” ungkap Tofik sembari kembali melanjutkan memainkan alat music bersama Tabuh Singmoni dalam acara Malam Penganugerahan Festival Film Purblingga 2022.

Videonya bisa ditonton pada link berikut :

Tinggalkan komentar