RSS

SD PIUS CILACAP Juara 1 Festival Film Pelajar Jogja 2016

19 Des
Prana, Dewi dan Insan, berpose di FFPJ 2016

Prana, Dewi dan Insan, berpose di FFPJ 2016

Seperti biasanya, Festival Film Pelajar Jogja (FFPJ) yang hadir setiap tahun ini selalu ramai diikuti oleh pelajar dari segala penjuru di Indonesia. Para pembuat film dari Aceh sampai Papua, bertemu dalam ajang Festival Film yang diselenggarakan di Pondok Pemuda Ambarbinangun, Bantul, Jogjakarta sejak 17-18 Desember 2016. Banyak kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari. Seperti Pemutaran film-film yang lolos dalam ajang FFPJ, Seminar Nasional, Kelas Persahabatan dan Perdamaian, Api Ekspresi, Temu Komunitas, Forum Pendidik serta Penganugerahan Film Terbaik FFPJ 2016. Kegiatan yang memasuki tahun ke-7 ini mengusung tema besar Persahabatan dan Perdamaian. Jika di tahun-tahun sebelumnya, kompetisi hanya diperuntukan untuk SMP dan SMA/sederajat, tahun ini dibukalah kompetisi video untuk kategori SD. Tahun ini, Prana Ramadania video maker cilik asal SD PIUS CILACAP hadir sebagai nominator untuk video Persahabatan dan Perdamaian kategori SD. Melalui karya perdananya berjudul Indahnya Persaudaraan di Desa, menghantarkan Prana sebagai siswi SD Pius Cilacap dalam ajang bergengsi tingkat nasional ini. Video yang dibuat Prana ini menceritakan tentang liburan keluarga di desa. Dirinya merekam aktifitas adiknya dan kakeknya yang bermain bersama, lalu suasana desa saat bergotong royong membantu acara hajatan di rumah tetangga. Rekaman tersebut kemudian dikemas menjadi video pendek berdurasi 3 menit.

Prana hadir di Jogja ditemani ayahnya Insan Indah Pribadi.. Selama dua hari Prana aktif mengikuti kegiatan FFPJ. Menonton film, berdiskusi bersama kelompok, berkenalan dengan para pembuat film dari berbagai daerah. Meskipun kebanyakan yang ia temui berstatus pelajar SMA/SMK, namun Prana tetap aktif dan ceria mengikuti jalanya rangkaian acara FFPJ 2016. Hadir juga dalam acara tersebut guru SD Pius Cilacap Gunawan Angga Kusuma yang ingin menyaksikan langsung jalanya acara penganugerahan FFPJ 2016.

Minggu, 18 Desember 2016 adalah puncak perayaan Festival Film Pelajar Jogja (FFPJ) 2016. Setelah sebelumnya para pelajar mengikuti beberapa kegiatan yang padat, maka masuklah pada saat-saat yang telah dinantikan yaitu Penganugerahan Film-Film Terbaik ajang FFPJ 2016. Ada beberapa kategori penghargaan yang diberikan. Diantaranya adalah Penghargaan untuk Video Eksperimental, Penghargaan untuk Video Musik, Penghargaan untuk Video Persahabatan dan Perdamaian, Penghargaan Film bertema Anti Korupsi, Penghargaan Film bertema Perempuan, Penghargaan Film Anak, Penghargaan Film kategori Dokumenter serta Penghargaan Film kategori Fiksi.

Video bertema Persahabatan dan Perdamaian berjudul “Indahnya Persaudaraan di Desa” karya Prana Ramadania siswi SD PIUS Cilacap berhasil raih  Juara 1 ajang FFPJ 2016. Sementara Video berjudul “Salam Kasih Sayang” karya siswa MIN Bambi 2 Beureuleung Aceh sebagai juara 2, dan Video berjudul “What They Talk About When They Talk About Friendship” karya siswa Kinderfield Primary School Cirebon mendapat juara 3.

Prana yang menjadi pusat perhatian banyak remaja di dalam acara tersebut mengungkapkan keprihatinanya. Ia berharap persahabatan dan perdamaian di Indonesia bisa terus terpupuk. “Semoga persahabatan dan perdamaian di Indonesia bisa terus dibangun lagi. Jangan kekerasan terus biar kita yang tinggal di Indonesia bisa nyaman dan damai” ungkap gadis cilik yang saat ini masih duduk di bangku kelas 3 SD Pius Cilacap ini. Sementara itu kebanggan dan kebahagiaan juga terasa di sekolah SD Pius Cilacap. SR. M. Wynanda Yohana Triani, PBHK selaku kepala sekolah SD Pius Cilacap menyampaikan kebahagiaanya kepada Pak Angga guru yang saat itu hadir dalam acara FFPJ 2016. “Profisiat atas prestasi adik Prana. Berkat pendampingan keluarga.Saya turut bahagia dan bangga mendengar kabar ini” ungkap Sr. M Wynanda melalui pesan singkatnya.

Tak hanya video Persahabatan dan Perdamaian kategori SD karya Prana yang raih prestasi Juara 1, Film berjudul URUT SEWU karya Dewi Nur Aeni siswi SMK N1 Kebumen berhasil raih penghargaan sebagai Dokumenter Terbaik 1 dan Penghargaan khusus dari WatchDoc sebagai film pilihan terbaik. Film yang digarap oleh pelajar Kebumen selama melaksanakan masa prakerin di Sangkanparan Cilacap ini menceritakan tentang persoalan Petani Urut Sewu yang sebagian lahan pertaniannya di gunakan oleh TNI sebagai tempat latihan. Film ini diganjar penghargaan sebagai Film Dokumenter Terbaik 1 dan Penghargaan Khusus WhatcDocs sebagai film pilihan terbaik FFPJ 2016.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 19, 2016 in BERITA TERBARU, INFORMASI

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: