RSS

SHARE SKILL, Tekhnik Melukis 3 Dimensi

28 Jul
para pelajar berpose diatas lukisan 3 Dimensi

para pelajar berpose diatas lukisan 3 Dimensi

Lukisan 3 Dimensi, merupakan sebuah lukisan yang memiliki ruang. Jadi ketika lukisan tersebut disajikan, maka lukisan terseut terkesan memiliki ruang. Seperti halnya botol yang terlihat berdiri seperti aslinya, atau gambar jalan berlubang yang tampak seperti lubang betulan.

Rabu, 27 Juli 2016 tepatnya di pelataran Rumah Belajar Sangkanparan, seorang perupa bernama Bambang Suhartoyo atau yang lebih akrab dipanggil Basuto ini berbagi keilmuan tentang tekhnik melukis 3 dimensi. Perupa yang sudah 2x melakukan pameran lukisan 3 Dimensi ini kini hadir di Sangkanparan dan memberikan materi kepada sedikitnya 21 pelajar pagi itu. Pelajar yang berasal dari SMKN1 Cilacap, SMKN1 Karanggayam, SMKN1 kebumen dan SMK Muhammadiyah Majenang terlibat praktek langsung membuat lukisan 3 dimensi. Awalnya mereka diminta membuat sketsa untuk latihan di sebuahh kertas, lalu kemudian bersama-sama melukis di lantai pelataran RUmah Belajar Sangkanparan.

Kegiatan SHARE SKILL pada hari ini memang disajikan untuk pelajar yang tengah mengikuti prakerin di Sangkanparan. Insan Indah Pribadi selaku pengelola Sangkanparan seringkali mengundang rekan-rekanya untuk berbagi keilmuan di rumahnya, seperti beberapa waktu lalu ia sempat mengundang seorang perupa untuk berbagi tentang tekhnik cetak monoprint, kini giliran Bambang Suhartoyo yang diundang untuk berbagi tentang lukisan 3 Dimensi. “Kegiatan seperti ini akan selalu ada di Rumah belajar Sangkanparan. Dan siapapun boleh untuk berbagi disini.” Ungkap pria yang menjadikan rumah kontrakannya di jalan Progo sebagai rumah Belajar Multimedia bagi puluhan pelajar dari berbagai daerah.

Bagi Bambang Suhartoyo sendiri, kegiatan berbagi ini sangat penting dilakukan. Karena selain bisa menambah wawasan bagi para pelajar, kegiatan berbagi ini juga menumbuhkan rasa saling peduli. “Ya, mau berbagi itu kan bagus sekali, membuat generasi muda di jaman sekarang semakin kreatif. Sebenarnya ilmu yang dibagi ngga bakalan habis, malah justru bertambah.” Ungkap perupa yang saat ini menikmati masa pensiunya sebagai TNI AL.

Sementara itu, Nur Hayati selaku pelajar yang saat itu mengikuti praktek melukis 3 Dimensi menyatakan kebahagiaanya bisa mengerti dunia seni rupa yang tidak seperti biasanya.”Awalnya sih pernah nglukis seperti itu, tapi hanya dikertas. Ini pengalaman pertama bisa ikut nglukis pake cat di lantai, dan hasilnya juga bagus lagi” Ungkap pelajar SMKN1 Karanggayam yang tengah mengikuti prakerin di Sangkanparan ini.

Kegiatan SHARE SKILL Melukis dengan tekhnik 3 dimensi ini diakhiri dengan foto-foto bersama pada hasil karya lukisan 3 dimensi di pelataran Sangkanparan. Tak hanya itu, ada beberapa warga sekitar dan juga teman-teman yang hadir untuk berfoto bersama diatas lukisan 3 dimensi karya para pelajar di Sangkanparan.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 28, 2016 in Utama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: