RSS

SHARE SKILL Tekhnik Cetak Monoprint

22 Jul

IMG_20160719_095110Selasa, 19 Juli 2016 Rumah Belajar Sangkanparan yang bertempat di jl Progo No. 66 Cilacap sudah diramaikan sedikitnya 21 pelajar dari SMK N1 Cilacap, SMKN1 Kebumen, SMKN1 karanggayam dan SMK Muhammadiyah Majenang. Mereka memperhatikan Syarief Hidayat atau yang lebih dikenal dengan nama beken Kikip Jago ini saat memberikan materi “Melukis dengan tekhnik cetak Monoprint”. Kegiatan Share Skill yang dilakukan di teras rumah belajar Sangkanparan ini merupakan kegiatan berbagi bersama. Kang Kikip Jago adalah seorang perupa asal Bandung. Dirinya bersama karya-karyanya telah mengisi berbagai pameran di berbagai ajang Seni Rupa di Indonesia. Sudah 4 tahun ini dirinya tinggal di Cilacap.

Pertumbuhan Seni Grafis dikalangan remaja yang membuatnya menjadi tertarik untuk berbagi di Sangkanparan. Ya hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan bagi para pelajar, karena mereka mendapat satu lagi ilmu Seni Grafis yaitu melukis dengan tekhnik monoprint. Dalam perkembangannya seni grafis monoprint adalah seni grafis yang cenderung menampilkan gambar-gambar yang ekspresif. Sehingga semakin bebas pikiran itu berkembang, karya yang dihasilkan semakin memiliki karakter kuat.

Kang Kikip merasa bahagia, bisa berbagi bersama dalam kegiatan Share Skill di sangkanparan. “Bagi saya ini sebuah kebahagiaan tersendiri, bisa berbagi keilmuan dengan anak-anak muda di Sangkanparan. Yang terpenting, apa yang saya bagikan bisa beruna untuk anak-anak muda. “ ungkapnya sembarri mempraktekan melukis di kaca didepan puluhan pelajar di Sangkanparan.

Afifah Nur Hasanah, salah satu pelajar SMKN1 Cilacap merasa senang mengikuti kegiatan ini. Pasalnya ini pengalaman pertama kali yang tidak pernah dia temui sebelumnya di sekolah. “Asik banget, saya bisa belajar nglukis di kaca terus dicetak dikertas atau kain. Selain itu juga nambah wawasan buat saya dan teman-teman. “ ucap perempuan cantik berkerudung yang tangannya penuh dengan cat berwarna-warni.

Kegiatan Share Skill Melukis dengan tekhnik monoprint ini diakhiri dengan memajang seluruh hasil karya pelajar pada tembok depan rumah yang digunakan untuk berkegiatan. Dan sebagai bentuk dukungan lagi, kang Kikip Jago memberikan hadiah Tas kanvas dengan desain pop art kepada 3 orang pelajar yang lukisanya dianggap paling menarik.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 22, 2016 in Utama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: