RSS

Lagi, Anak Didik Sangkanparan Borong Penghargaan

27 Apr

IMG_0187Ajang Youth Sineas Award (YSA) merupakan kegiatan tahunan yang diadakan di Denpasar Bali. Pada tahun 2015, anak didik Sangkanparan pernah meraih penghargaan dalam ajang ini. Dan yang paling membanggakan adalah, tahun 2016 YSA kembali memberikan penghargaan kepada anak didik Sangkanparan. Tak tanggung-tanggung 5 film garapan anak didik Ssangkanparan menduduki sebagai Nominator dalam ajang YSA.  Infonya bisa dilihat disini : http://madyapadma-online.com/index.php?option=com_content&view=article&id=426:nominator-bidang-fiksi-ysa-2016&catid=128&Itemid=617

5 film tersebut adalah garapan pelajar SMK N1 Kawunganten Filial Kampung Laut, SMK N1 Karanggayam dan SMKN1 Kebumen. Ketika dihubungi melalui pesan singkat,  masing-masing sekolah menyatakan siap mewakilkan pelajar dan gurunya untuk hadir dalam ajang YSA 2016 di Denpasar Bali.

Ajang YSA yang diselenggarakan pada 20 sd 23 April 2016 menghantarkan Nawang Riyadi, sutradara film GOLAK dan Suningsih sutradara film DANGSAK di tanah Dewata Bali. Keduanya berasal dari sekolah yang berbeda. Nawang pelajar  SMK N1 Karanggayam, Sedangkan Suning adalah pelajar SMKN1 Kebumen. Mereka berdua berangkat ke Bali dengan dukungan pihak sekolah dan didampingi oleh guru dari sekolah masing-masing. Mereka hadir dalam ajang YSA 2016, tidak hanya sekedar menyaksikan film yang diputar, tapi juga berjumpa dengan para pembuat fiilm dari berbagai daerah. Saling sharing pengalaman serta berbagi cerita menjadikan pengalaman baru bagi para pelajar untuk meningkatkan kemampuan dirinya dimasa mendatang.

sunTiba disaat penganugerahan ajang YSA dimulai, maka dibacakanlah siapa saja yang menjadi juara dalam kegiatan YSA 2016. Syukur Alhamdulilah Film berjudul GOLAK karya pelajar SMK N1 karanggayam ini berhasil menyabet 4 penghargaan sekaligus sebagai DOKUMENTER TERBAIK, SUTRADARA TERBAIK, EDITOR TERBAIK dan SINEMATOGRAFI TERBAIK. Sementara Film berjudul DANGSAK karya Suningsih pelajar SMK N1 Kebumen berhasil menyabet Penghargaan sebagai film dokumenter dengan Illustrasi musik terbaik. Dan Film berjudul WELIT karya Herika Juli Saputri SMK N1 Kawunganten Filial Kampung Laut Cilacap berhasil menyabet penghargaan sebagai Film Dokumenter dengan IDE CERITA TERBAIK. Info lengkap bisa di baca disini : http://madyapadma-online.com/index.php?option=com_content&view=article&id=449:pemenang-lomba-youth-sineas-award-bidang-film-dokumenter-presslist-7&catid=128&Itemid=617

Nawang Riyadi dan Suningsih yang hadir dalam acara tersebut menerima langsung hadiah dari panitia YSA 2016. Kemenangan ini merupakan prestasi yang membanggakan. Tak hanya membanggakan bagi diri sendiri tapi juga tentunya pihak sekolah yang saat itu turut serta mendukung prestasi siswanya melalui jalur multimedia. Bagi Nawang, prestasi yang diraih ini adalah sebuah proses panjang. “Ngga sia-sia kami berjuang bikin film tentang makanan khas kebumen. Dan ngga nyangka saat ini malah dapet penghargaan di Youth Sineas Award” ungkapnya dengan gembira sembari berfoto membawa 4 piala ditanganya.

Sementara itu, Herika Juli Saputri selaku sutradara film berjudul WELIT yang dinobatkan sebagai film Dokumenter dengan Ide Cerita terbaik berhalangan hadir. Sehingga dirinya tidak dapat mngikuti serangkaian acara Youth Sineas Award 2016 di Bali.

Insan Indah Pribadi selaku pengelola Sangkanparan menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang diraih anak didiknya. Dirinya berharap adanya penghargaan semacam ini bisa memaccu kreatifitas pelajar di daerah untuk bisa terus berkarya di bidang multimedia. “Meski tinggal didesa, para pelajar ini bisa membuktikan bahwa dirinya mampu berkarya dan mendapat apresiasi di tingkat Nasional, semoga kedepannya hal semacam ini bisa menjadi pemicu kreatif untuk pelajar lain di daerah” ungkapnya sembari melihat-lihat foto yang diunggah Nawang melalui akun Fbnya.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 27, 2016 in BERITA TERBARU, INFORMASI

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: