RSS

MELUKIS TAS, BELAJAR DASAR DESAIN GRAFIS

31 Jan
para Pelajar melukis Tas di Sangkanparan

para Pelajar melukis Tas di Sangkanparan

Jumat, 29 Januari 2016 sekitar sedikitnya 12 pelajar yang bersal dari SMK Dr. Soetomo Cilacap, SMK Muhammadiyah Majenang dan SMK N2 Pekalongan mengikuti kegiatan MELUKIS TAS bersama di TBM Sangkanparan. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Markas Sangkanpran ini merupakan perwujudan dari praktek Nirmana. Nirmana itu adalah istilah dalam dunia desain grafis. Hal mendasar yang perlu dipelajari ketika ingin mendalami tentang desain grafis.

Untu belajar praktek Nirmana, awalnya mereka diajak untuk menggambar dissebuah kertas. Mengambar titik, garis dan kemudian membuat bidang. Laluu pertemuan antra bidang akan menghasilkan bidang baru. Nah pertemuan bidang baru tersebut nantinya diberi warna. Maka akan ditemukan bentuk baru yang harmonis dan indah. Kira-kira demikianlah nirmana. Sementara Nirmana sendiri dibagi menjadi dua. Nirmana Dwimatra (2 Dimensi) dan Nirmana Trimatra (3 Dimensi). Nirmna Dwi matra adalah perpaduan bentuk dan warna pada bidang datar 2 Dimensi, sementara Nirmanaa Trimatra adalah perpaduan bidang yang berwujud bentuk dan bisa dilihat dari berbagai arah.

Vira Violina siswi cantik asal SMK Dr. Soetomo Cilacap sangat menikmati kegiatan ini. Selain ini adalah pengalaman pertama baginya, ia juga merasa senang karena bisa mengekspresikan idenya pada sebuah tas yang nantinya akan ia pakai setiap berangat ke sekolah. “Rasanya seneng banget bisa ikutan nglukis tas di Sangkanparan. Saya juga  bangga sama hasil karya yang saya buat. Besok tiap berangkat sekolah tasnya mau kupake ah.” Ungkap gadis tinggi semampai berambut panjang ini.

Bagi Insan Indah Pribadi, selaku pembimbing dalam kegiatan MELUKIS TAS bersama ini, para pelajar dibebaskan untuk memilih gambar apa yang akan diterapkan pada tas berbahan kain kanvas tersebut. “Mereka bebas melukis apa saja, boleh tokoh kartun, bunga-bunga, atau bentuk-bentuk grafiti. Yang jelas mereka harus sabar dan telaten agar hasilnya baik” tuturnya pada saat mendampingi par pelajar Melukis Tas di Sangkanparan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 31, 2016 in BERITA TERBARU

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: