RSS

JENITRI Raih Penghargaan AFI 2015

02 Nov
Muslihan menerima piala Dewantara dan memberi sepatah kata dalam ajang AFI2015 .

Muslihan menerima piala Dewantara dan memberi sepatah kata dalam ajang AFI2015 .

Jenitri, sebuah film dokumenter yang digarap oleh pelajar Kebumen kembali raih penghargaan. Setelah sebelumnya borong penghargaan pada ajang , DOCUMENTARY DAYS FEUI – Jakarta 2014 sebagai Dokumenter Terbaik 2 dan Sinematografi Terbaik, kemudian pada FESTIVAL FILM PELAJAR JOGJA 2014 sebagai Dokumenter terbaik 2,  serta ajang YOUTH SINEAS AWARD – BALI 2015 sebagai Dokumenter Terbaik, Sutradara Terbaik, Editor Terbaik serta Sinematografi Terbaik,  kini Film tersebut kembali menyabet penghargaan dalam ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Tepatnya Sabtu 24 Oktober 2015, APRESIASI FILM NDONESIA (AFI) 2015 digelar di Benteng Vredeburg Yogyakarta. 17 Piala Dewantara diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada para insan film Tanah Air. Ada 8 kategori yang berhak mendapatkan penghargaan Piala Dewantara. Mulai dari Apresiasi Film Cerita Panjang Bioskop, Apresiasi Film Anak, Apresiasi Film Pendek Kategori Umum, Apresiasi Film Pendek Kategori Pelajar/Mahasiswa, Apresiasi Film Dokumenter Kategori Umum, Apresiasi Film Dokumenter Kategori Pelajar/Mahasiswa, Apresiasi Film Animasi Kategori Umum, hingga Apresiasi Film Animasi Kategori Pelajar/Mahasiswa.

Muslihan menghadiri undangan AFI2015 karena filmnya masuk sebagai nominasi Apresiasi Film Dokumenter kategori Pelajar. Siswa lulusan SMKN 1 Kebumen yang memproduksi film dokumenter pada masa Prakerin (Praktek kerja Industri) ini merasa bangga filmnya bisa mendapat Apresiasi dalam ajang yang diselenggarakan oleh pemerintah. Awalnya dirinya tak pernah menyangka jika filmnya akan mendapat Penghargaan dalam ajang yang bergengsi ini. Baginya, masuk menjadi nominator dan bisa hadir dalam ajang tersebut saja sudah membanggakan apalagi menang dan dapat Piala Dewantara.  “Nyong ora tau mbayangna, filmku bisa mlebu AFI2015. Eh kiye malah entuk Piala Dewantara, ngomong nang ngarepe artis-artis maning, hehehe maturnuwun Gusti..” ungkapnya dengan bahasa ngapak yang artinya, Saya tidak pernah membayangkan, film saya bisa masuk AFI2015. Eh ini malah dapat Piala Dewantara, ngomong didepan artis-artis lagi, hehehe terimakasih Gusti.

Muslihan mengangkat kisah tentang Jenitri di Kebumen yang kini menjadi incaran para buyer (pembeli) dari luar neger seperti China, Jepang, Nepal bahkan India. Film Dokumenter ini berdurasi sekitar 13 menitan. Dan digarap pada masa ia Prakerin (Praktek Kerja Indusri) di Taman Belajar Multimedia SANGKANPARA Cilacap. Seluruh penggarapan film ini difasilitasi oleh SANGKANPARAN, sebuah komunitas film yang berdiri di Cilacap dan konsen terhadap kegiatan fasilitasi remaja berkarya dalam hal multimedia.

Insan Indah Pribadi selaku pengelola SANGKANPARAN Cilacap merasa bangga, pada prestasi yang diraih anak didiknya. Baginya hal tersebut bisa menjadi tabungan bagi siswa untuk dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Seperti halnya prestasi yang diraih oleh Muslihan ini. Dirinya bersyukur selama ini banyak karya-karya yang digarap oleh pelajar di Sangkanparan dapat diapresiasi dengan baik oleh masyarakat luas. Dan tak sedikit pula yang mendapat penghargaan dalam ajang Festival Film yang diselenggarakan di tanah air. “Melalui film Jenitri ini, saya merasa salut pada Muslihan. Meski hanya seorang anak sopir, Muslihan mampu membuktikan bahwa dirinya bisa berkarya melalui film. Saya berharap, penghargaan ini bisa terus memotivasi dirinya untuk terus berkarya.” Ungkap Insan pria asal Cilacap yang mendampingi produksi Film Jenitri di Kebumen.

Malam Penghargaan Apresiasi Film Indonesia 2015 yang awalnya akan diselenggarakan di Benteng Rotterdam Makasar berpindah di Benteng Vredeburg Yogyakarta. Acara ini juga diramaikan oleh artis-artis Tanah Air seperti, Ray Sahetapy, Krisna Mukti, Roy Marten, Indra Bekti, Sela Marcia, Butet Kertarajasa, Monica Oemardi, Paramitha Rusady dan juga Hip-Hop Foundation

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 2, 2015 in Utama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: