RSS

Muslihan Berbagi Cerita

05 Agu
Muslihan dan Neni Rokhyatun sedang berbagi pengalaman

Muslihan dan Neni Rokhyatun sedang berbagi pengalaman kepada peserta prakerin

Pagi ini, 5 Agustus 2015 dengan udara yang masih terasa dingin. Matahari yang belum terlalu menampakkan sinarnya membuat peserta prakerin masih terbawa suasana lelapnya tidur.

Hari ini, peserta prakerin di TBM Sangkanparan kedatangan dua orang yang juga pernah prakerin disini, Muslihan dan Neni Rokhayatun, alumnus yang berasal dari Kebumen.

Dalam kesempatan ini, Muslihan sebagai sutradara Film Jenitri dan Neni Rokhyatun sebagai Kameramen berbagi pengalaman ketika produksi film dokumenter tersebut.

Neni Rokhyatun mengatakan, “ Waktu saya jadi Kameramen dalam film ini, saya belum terlalu paham tentang pengambiilan gambar yang baik, ambil gambar ya terserah, nggak tau hasilnya,” ungkap Neni Rokhayatun ketika menjadi kameramen.

Dalam kesempatan ini, Muslihan juga menceritakan perasaannya ketika film tersebut masuk dalam beberapa festival. Muslihan tidak menyangka bahwa karyanya akan mendapatkan banyak penghargaan. Dirinya masih sangat ingat kapan ajang-ajang tersebut berlangsung.

Festival yang diikuti pertama kali yaitu Festival Film di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta. Ketika akan berangkat ke Jakarta, pihak sekolah tidak memberikan ijin untuk Muslihan karena waktunya mendekati Ulangan Akhir Sekolah. Tetapi dengan niat dan tekad yang kuat, Muslihan memutuskan untuk tetap mengikuti acara tersebut.

Tidak sia-sia, filmnya mendapatkan 2 penghargaan sekaligus yaitu sebagai Dokumenter Terbaik 2 dan The Best Sinematografi pada ajang Documantry Days FEUI yang berlangsung pada tanggal 29 November 2014.

Selain itu, Muslihan juga mengikuti Festival Film Dokumenter di Rumah Budaya Tembi, filmnya masuk nominasi, tetapi tidak mendapatkan juara.

Meski begitu, Muslihan tidak kecewa karena dirinya mendapat banyak pengalaman dengan hadir dalam ajang tersebut. Setelah di FFD , Muslihan mengikutkan filmnya di FFPJ ( Festival Film Pelajar Jogjakarta ) yang berlangsung pada tanggal 13-14 Desember 2014 di Pondok Pemuda Ambarbinangun, Jogja.

Di acara itu, guru dan teman-teman yang terlibat dalam produksi film datang ke acara tersebut. Dan akhirnya Film Jenitri mendapatkan Juara 2 kategori Film Dokumenter.

Tak lama, Muslihan mendapatkan kabar bahwa filmnya juga masuk nominasi di MAFFI Fest ( Malang Film Festival ) pada tanggal 2-4 April 2015 di Malang. Dalam ajang tersebut memang Jenitri karya Muslihan tidak mendapatkan penghargaan, namun film Senandung Jamjaneng karya Indah rekannya mendapat penghargaan sebagai Film Dokumenter Terbaik Kategori Pelajar. Dalam film tersebut, Muslihan juga terlbat dalam proses produksinya.

Tidak sampai disitu, bahkan Film karya Muslihan ini masuk dalam ajang Nasional Youth Sineas Award yang diselenggarakan di Denpasar, Bali 8-9 Mei 2015. Tak tanggung-tanggung, film ini berhasil memborong 4 penghargaan sekaligus, yaitu sebagai Film Dokumenter Terbaik, , Sutradara Terbaik , The Best Sinematografi dan Editor Terbaik.

Sangat membanggakan,film yang pertama kali dibuat berhasil membawa banyak penghargaan.

Pengalaman yang dibagikan oleh Muslihan dan Neni Rokhyatun membuat Alfiyanti Rasmaningsih, salah satu peserta prakerin yang berasal dari SMK Muhammadiyah Majenang termotivasi untuk membuat karya. “Setelah mendengar cerita Mas Lihan, saya jadi ingin membuat film” ungkap Alfi, panggilan akrabnya.

Setelah banyak berbagi, keduanya memberikan pesan kepada adik-adiknya,“ Mumpung kalian disini, kalian harus belajar dengan baik,” ungkap Neni Rokhyatun.

Muslihan juga mengatakan,”Kalau berkarya harus dari hati, tidak harus buru-buru yang penting santai, nggak terpatok mau ikut festival, pokoknya santai lah”.

Setelah menyampaikan pesan, tidak terasa sinar matahari sudah mulai terasa dan akhirnya sharing dari Muslihan dan Neni Rokhyatun berakhir.

 (Ditulis oleh : Linda Agustin)

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 5, 2015 in BERITA TERBARU, INFORMASI

 

One response to “Muslihan Berbagi Cerita

  1. Ario M Sano

    Agustus 6, 2015 at 7:05 am

    santai sampai tujuan ya..sukses semangat tetap berkarya dimanapun berada.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: