RSS

Harus Sabar Menggambar Pointilis

25 Jul
Peserta Prakerin sedang serius menggambar dengan tekhnik pointilis

Peserta Prakerin serius menggambar dengan tekhnik pointilis

Tepatnya Jum’at, 24 Juli 2015. Setelah sebelumnya banyak menonton dan meresume film, para peserta prakerin yang berasal dari SMKN 1 Cilacap, SMK Muhammadiyah Majenang, dan SMKN 1 Kebumen belajar menggambar dengan menggunakan kumpulan titik atau teknik pointilis. Kegiatan seperti ini dilakukan untuk mengenalkan dasar-dasar dalam desain grafis. Sebuah tantangan sekaligus pengalaman baru yang menyenangkan. Walaupun di sekolah sering diperkenalkan teori terkait teknik titik-menitik ini, namun realitanya ketika menerapkan langsung pada selembar kertas cukup menguji kesabaran.

Insan Indah Pribadi, lebih akrab dipanggil “Babeh” sebagai pembimbing di TBM (Taman Belajar Multimedia) Sangkanparan awalnya memberikan contoh menerapkan teknik pointilis di selembar kertas, kemudian anak-anak mulai mengikutinya. Sedikitnya 14 anak yang berasal dari sekolah berbeda ini menuangkan ide dalam bentuk gambar di selembar kertas dengan teknik yang bergantung pada kemampuan mata dan pikiran untuk mencampur titik-titik ini. Walaupun 4 anak dari SMK Muhammadiyah Majenang pulang karena ada keperluan dan 3 anak lainnya belum datang, suasana pagi hari yang cerah membuat kegiatan tetap berjalan lancar hingga siang hari.

salah satu hasil gambar pointilis peserta prakerin

salah satu hasil gambar pointilis peserta prakerin

Naufal Hunaif, salah satu peserta prakerin dari SMK Muhammadiyah Majenang merasakan perbedaan dari kegiatan ini. “Sebelumnya di sekolah belum diajarkan materi teknik pointilis, saya hanya mempelajarinya sendiri. Menurut saya menggunakan teknik pointilis ini lebih mudah dalam membentuk gelap terangnya daripada menggambar dengan teknik lain,” ungkapnya.

Selain Naufal, Andaeni peserta prakerin dari SMKN 1 Kebumen juga mengungkapkan rasa senangnya dalam kegiatan tersebut. “Ini pertama kali saya membuat gambar dengan teknik pointilis menggunakan drawing pen, sebelumnya saya hanya menggunakan pensil. Teknik ini lebih mudah dikerjakan jika membuat sketsa terlebih dahulu menggunakan pensil, baru menggunakan drawing pen. Selain butuh konsentrasi, kesabaran dan ketelitian, juga membutuhkan ketenangan pikiran serta rasa ikhlas, kalau ngga ikhlas ya ngga akan jadi,” jelasnya ketika sedang santai.

Sebelum kegiatan usai, Babeh menambahkan beberapa materi tentang perkembangan desain grafis dari masa ke masa. Setiap hasil teknik pointilis itu berbeda-beda tergantung banyaknya titik yang digunakan. Semakin banyak titik maka semakin terlihat jelas gelap terangnya.

(ditulis oleh : Suningsih Ell)

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 25, 2015 in BERITA TERBARU, INFORMASI

 

One response to “Harus Sabar Menggambar Pointilis

  1. Ario M Sano

    Agustus 2, 2015 at 8:48 pm

    sip , ikatlah ilmu dengan menulis dan berbagi dengan jepretan karya sendiri…sinau sing sregep dan cermat.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: