RSS

TBM Sangkanparan Ramai lagi, (Periode ke-2 tahun 2015)

20 Jun

resumeSelamat datang dalam PPS (Program Prakerin Sangkanparan) periode ke-2 di tahun 2015. Tepatnya di awal Ramadhan (18 Juni 2015) bertempat di rumah kontrakan baru jl Progo No.66. Cilacap. Pada periode ke 2 tahun ini, Sangkanparan kedatangan para pelajar dari Kedungreja Sebuah daerah yang konon terletak di bagian barat Cilacap, yang jauh dari hingar bingar perkotaan. 10 pelajar dari SMK tersebut akan mewarnai suasana Prakerin di TBM Sangkanparan pada periode ke 2 di tahun 2015 ini. Tak hanya 10 siswa dari Kedungreja, melainkan ada juga 6 siswi dari SMK N1 Cilacap yang menyelesaikan masa prakerinnya hingga pertengahan Agustus nanti, dan juga di bulan Juli nanti, akan hadir sedikitnya 5-7 pelajar dari SMKN1 Kebumen.

Seperti biasanya pada PPS (program Prakerin Sangkanparan) mereka akan belajar banyak hal tentang dasar-dasar desain grafis seperti memahami titik, garis, yang akhirnya membentuk bidang. Kemudian pertemuan bidang-bidang yang akhirnya membentuk bidang baru, belajar tekhinik sketsa, pointilis, gambar 3 dimensi, serta nirmana dwimatra dan nirmana trimatra. Selanjutnya mereka juga akan belajar hal-hal dasar tentang fotografi, multimedia dan diakhiri dengan produksi film, baik film dokumenter maupun film fiksi.

Para siswa sedang asik menggambar garis-garis

Para siswa sedang asik menggambar garis-garis

Di awal kegiatan seperti biasanya, makanan sehari-hari para peserta Prakerin adalah RESUME FILM. Mereka setiap hari menonton film-film karya filmaker dari berbagai daerah untuk kemudian ditulis ulang dan dikaji. Mereka diajak untuk berbagi pendapat mengenai film yang baru saja ditonton. Hal ini harus dilakukan, mengingat banyak sekali pelajar di era ini tidak bisa bertutur dengan baik melalui bahasa tulis. Tak hanya itu, untuk menceritakan kembali apa yang baru saja ditonton saja mereka masih bingung cara mengungkapkan dengan bahasa yang baik dan benar. Hal ini dianggap fatal, karena sebenarnya tingkat SMK/sederajat mustinya sudah bisa bertutur dengan baik. Bagaimana akan menjadi pelajar yang kritis dan menyampaikan pendapat dengan baik, jika bertutur saja tidak bisa. Maka proses belajar bertutur melalui tulisan ini dianggap penting dalam program Prakerin di Sangkanparan.

Selanjutnya sebagai penunjangnya, para peserta prakerin akan mendapatkan program-program seperti pengenalan kamera, meukis sepatu dan refreshing multimedia di tempat-tempat kerja seperti stasiun tv lokal serta proses produksi film/iklan yang kami lakukan diluar program PPS.

Semua kegiatan di rumah ini dilakukan secara sederhana, dengan peralatan yang seadanya. Dan semua kegiatan yang kami lakukan ini TIDAK DIPUNGUT BIAYA. Mereka memecahkan sendiri persoalan yang berhubungan dengan keuangan, seperti iuran beli pewarna, iuran beli bahan-bahan untuk praktek dan lainnya. TBM (Taman Belajar Multimedia) Sangkanparan, hingga kini BELUM PERNAH dibantu oleh PEMERINTAH/INSTANSI manapun. Jadi jika di luar sana ada yang mengaku bahwa Sangkanparan adalah mitra binaan sebuah Perusahaan atau dalam bimbingan Dinas-Dinas terkait, maka itu adalah hal yang tidak benar. Percayalah, yang kami lakukan semua adalah hal sederhana, yang terus membuahkan hasil dari tahun ke tahun. Silahkan melihat sendiri arsip yang kami miliki dalam blog ini.

Selamat datang, para juara yang penuh harap meraih sukses. Semoga kelak, apa yang kami berikan di rumah ini bisa menjadi bekal kalian meraih impian yang cerah.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 20, 2015 in BERITA TERBARU

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: