RSS

“Penyadap Pulut” Produksi Film Dokumenter SMKN1 Karanggayam

03 Apr
Para siswa SMKN1 karanggayam saat produksi film Penyadap Pulut (9/3)

Para siswa SMKN1 karanggayam saat produksi film Penyadap Pulut (9/3)

Sore itu tepat di hari Minggu, 8 Maret 2015. Setelah produksi Dokumenter Kampung Cething Selesai, para pelajar SMKN1 Karanggayam, Kebumen yang dibantu oleh beberapa siswa dari SMKN1 Kawunganten dan Kampung Laut Cilacap ini, langsung bergerak ke sebuah tempat bernama desa Silampeng.

Produksi Dokumenter selanjutnya adalah kisah kehidupan seorang penyadap Pulut di desa Silampeng, Kebumen.  Kisah ini sengaja direkam oleh Sugeng dan dikemas menjadi sebuah film Dokumenter. Para narasumber dalam film ini sangat dekat dengan Sugeng, karena penyadap pulut tersebut tak lain adalah ayahnya. Sugeng memberanikan diri merekam aktifitas sang ayah dari awal pulut di sadap, hingga diolah dan kemudian berubah menjadi keping rupiah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

Dalam produksi Dokumenter ini, para kru yang mayoritas adalah siswa SMKN1 Karanggayam dibantu beberapa pelajar dari Cilacap, memanfaatkan waktu yang begitu singkat. Selain medan perbukitan yang harus mereka lalui begitu terjal, mereka juga harus berkejaran dengan waktu. Meski sempat mengalami kendala karena faktor cuaca, namun syukurlah film ini dapat selesai diproduksi.

Teguh Rusmadi salah satu mentor dan pendamping dalam produksi film dokumenter pelajar SMKN1 Karanggayam memberikan kesempatan kepada para siswa yang saat itu didapuk sebagai kameramen untuk berekplorasi merekam banyak aktifitas yang mempesona. Seperti suasana desa dan pemandangan yang sangat indah, aktifitas desa, hngga pemandangan air terjun yang diambil dari atas bukit. “Mereka harus belajar langsung, bagaimana cara mengambil gambar yang baik. Saya hanya mendampingi dan sesekali mengarahkan” ujar teguh yang sampai saat ini masih menjomblo.

Produksi film ini tak hanya didukung oleh TBM Sangkanparan sebagai fasilitator, namun juga pihak sekolah SMKN1 karanggayam yang memberikan konsumsi selama produksi dan dukungan alat seperti kamera untuk produksi film para pelajar.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 3, 2015 in BERITA TERBARU, INFORMASI

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: