RSS

Asyiknya Melukis diatas Tas Kanvas

31 Jan
suasana melukis tas di Sangkanparan

suasana melukis tas di Sangkanparan

Kali ini, Selasa 27 Januari 2015 para siswa dari SMKN1 Kawunganten, Kebumen dan Kampung Laut, tengah disibukan dengan aktifitas baru yang mengasikan. Kegiatan tersebut adalah Melukis Tas. Kagiatan yang dilakukan di TBM Sangkanparan ini adalah kelanjutan dari teori Nirmana di awal-awal mereka prakerin.Sebelumnya mereka diberi tugas untuk membuat garis-garis pada kertas HVS, dari kanan ke kiri, dari kiri ke kanan, atas ke bawah dan sebaliknya. Begitu seterusnya. Lalu keesokan harinya mereka diminta menggambar bidang dengan tekhnik pointillism (titik-titik). Seperti diketahui dalam ilmu Desain Grafis, bahwa Nirmana adalah salah satu mata pelajaran dasar desain grafis dalam mengenal titik dan garis yang akhirnya membentuk bidang dan warna. Nirmana sendiri dibagi menjadi dua, Nirmana Dwi Matra (Dua Dimensi) dan Nirmana Tri Matra (3 Dimensi). Nah perujudan untuk praktek Nirmana Dwi Matra pada hari ini adalah dengan MELUKIS TAS. Dimana mereka sebelumnya telah menyiapkan media yang akan dilukis yaitu tas berbahan kain blacu. Kain tersebut awalnya ia dasari lem cair, agar pori-pori kain tersebut menutup. Sehingga ketika nantinya diwarnai, warna tidak mudah luntur atau mblobor. Langkah selanjutnya setelah tas kering, mereka mulai dengan asik mengembangkan ide untuk menggambar totkoh-tokoh idola, atau ornament beebas di media tas kanvas tersebut. Setelah sketsa jadi, barulah mereka memorehkan warna-warna yang membuat tas tersebut menjadi indah.

Teguh Priyanto, salah satu siswa SMKN1 Karanggayam Kebumen yang serius menggambar tokoh kartun di Tasnya mengungkapkan perasaannya. “Saya senang sekali menggambar kartun di Tas saya, ini pengalaman pertama dan ngga mungkin saya lupakan” ungkap pemuda yang tinggal di sebuah desa diatas bukit.

Bagi Insan Indah Pribadi salah satu pengelola TBM Sangkanparan memberikan materi dasar desain grafis sangat penting. Karena para pelajar SMK jurussan Multimedia rata-rata di sekolahnya tidak diajarkan materi dasar, melainkan langsung praktek komputerisasi. Materi mengolah gambar pada media tas kanvas adalah wujud praktek seccara manual, sebelum mereka melangkah ke aplikasi desain grafis dengan menggunakan computer. “Kalo mereka mahir melukis di bidang kain atau kertas, maka harapannya nanti mereka juga mahir membuat gambar di computer” ungkap Insan.

Masih banyak kegiatan lain di Sangkanparan yang akan diajarkan dalam program Prakerin 2015. Seperti Penulisan Skenario, Penyutradaraan, Produksi Film hingga Editing Film. Prakerin di TBM Sangkanparan 2015 ini akan berlangsung hingga akhir Maret 2015.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 31, 2015 in BERITA TERBARU

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: