RSS

Teguh Rusmadi ajarkan Tekhnik Pengambilan Gambar

24 Jan
Teguh Rusmadi saat memberi materi di Sangkanparan

Teguh Rusmadi saat memberi materi di Sangkanparan

Bertempat di pelataran rumah yang dijadikan markas kreatif para pelajar dari berbagai daerah, kegiatan sederhana ini dilakukan. Sedikitnya 20 pelajar dari berbagai daerah tengah mendapat bimbingan di TBM Sangkanparan selama 3 bulan dalam program Prakerin. Banyak hal mereka pelajaridi TBM Sangkanparan, mulai dari Desain Grafis, Referensi Film, Penulisan Skenario, Fotografi hingga Pembuatan Film Pendek. Para pelajar yang berasal dari Kawunganten, Kampung Laut dan Kebumen ini tengah memasuki minggu ke 3 di bulan pertama. Dan materi kali ini agak sedikit berbeda, karena di TBM Sangkanparan datang seorang master yang sering dijuluki sebagai DOP Handal nya Cilacap. Dialah Teguh Rusmadi, sosok seorang yang sederhana yang telah malang melintang di dunia Multimedia sejak tahun 2006. Berbagai kamera telah ia operasikan. termasuk salah satunya Jimmy jib. Dengan crane berukuran 5-7m yang pada ujungnya terdapat kamera yang digerakkan dengan remote pada bagian setir crane tersebut.

Para siswa yang berada di TBM Sangkanparan menyimak penjelasan Teguh dengan seksama. Meski sebagian dari mereka ada yang telah mendapatkan sedikit materi tentang Tekhnik Pengambilan Gambar. Pada kesempatan kali ini,  para siswa diajak mengenal dan memahami sejarah kamera dari masa ke masa, serta mengenal jenis-jenis kamera yang berbeda-beda tiap masanya. Bagi Teguh, mengenalkan sejarah perkembangan kamera kepada para siswa sangatlah penting, karena dengan demikian mereka akan mengerti cara menggunakan kamera serta memperlakukannya..”Setiap kamera itu beda-beda, lain merk lain pula cara mengoperasikannya. Maka dari itu, yang terpenting adalah mengetahui dasarnya. Jadi kita bisa dengan cepat memahami cara mengoperasikannya” ungkap Teguh Rusmadi pria yang sampai saat ini masih berstatus jomblo. Tak hanya mengenal sejarah perkembangan kamera, para siswa diwajibkan memegang kamera dan mempraktekannya. Agar kedepannya mereka tidak lagi gagap dan selebihnya bisa mengoperasikan kamera dengan mahir.

Puji Hastuti, salah satu siswa dari SMKN1 Kawunganten merasa senang dengan materi yang ia dapatkan hari ini. Karena dikemudian hari nanti, ia ingin sekali menjadi seorang kameramen. “Cita-cita saya memang pengen jadi kameramen, makannya dapet kesempatan praktek megang kamera udah seneng banget” ungkap gadis cantik yang berjilbab ini.Dalam kesempatan kali ini Teguh tak sendiri, karena dihari ini datang pula Ega Geffinos, master Fotografi lulusan sekolah yang dikelola oleh Darwis Triadi. Pria ganteng berambut gondrong ini datang dari Jogja, untuk berbagi sedikit pengalamannya tentang dunia fotografi. Para siswa pun memanfaatkan waktu yang special ini dengan melontarkan banyak pertanyaan seputar fotografi.
Sementara itu Insan Indah Pribadi selaku pengelola TBM Sangkanparan akan terus menghadirkan para narasumber dan mentor untuk mengisi materi yang beragam, Seperti Penggalian Ide Cerita, penulisan skenario, tekhnik editing hingga pendampingan pada saat produksi Film.

“Kedepannya akan banyak lagi mentor yang dihadirkan di Sangkanparan untuk sekedar berbagi bersama para siswa. Mentor tersebut beragam, bisa praktisi, pegiat komunitas maupun seniman” kata Insan

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 24, 2015 in BERITA TERBARU

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: