RSS

Siswa SMK Belajar Menggambar Pointilis

08 Jan
suasana praktek di Sangkanparan

suasana praktek di Sangkanparan

Selamat Datang di Program Prakerin Sangkanparan 2015. Tahun ini TBM Sangkanparan menampung kurang lebihnya 20 siswa SMK dari berbagai sekolah. 7 siswa dari SMKN1 Kawunganten, 6 Siswa dari SMKN1 Kawunganten – Filial (Kampung Laut) dan 6 Siswa dari SMKN1 Karanggayam Kebumen. Seperti biasanya, selama kurang lebih 3 bulan lamanya mereka akan belajar banyak hal terkait Desain Grafis dan Multimedia.

Pada pertemuan awal, mereka akan diperkenalkan tentang dasar-dasar Desain Grafis. Seperti mengenal titik, garis dan bidang, memahami sifat warna, melukis sepatu atau tas berbahan kanvas sampai mengaplikasikan Nirmana Dwi Matra maupun Nirmana Trimatra menjadi sebuah karya.

Selanjutnya, pengenalan dasar-dasar photography dan tekhnik pengambilan gambar, akan diajarkan sebelum mereka semua melangkah ke sesi pembuatan skenario film dan memproduksi film dokumenter/ fiksi.

Menggambar Pointilis.

Hasil gambar pointilis siswa SMK

Hasil gambar pointilis siswa SMK

Diawal-awal masa prakerin, Insan Indah Pribadi selaku mentor dalam program PPS, memberikan banyak arahan kepada para peserta PPS tentang dasar-dasar Desain Grafis. Mulai dari melatih siswa membuat garis-garis sejajar dari kanan ke kiri, atau sebaliknya secara vertikal maupun horisontal. Hal ini dilakukan untuk melatih konsentrasi serta tanggungjawab para siswa terhadap karya yang dibuat. Selain itu, dasar-dasar inilah yang sebenarnya melatih kesabaran seseorang untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

Selain itu, Insan juga mengajarkan cara mempertemukan titik-titik pada media, yang akhirnya membentuk sebuah gambar layaknya sketsa. Tekhnik tersebut lebih dikenal dengan sebutan Pointilis. Gambar yang terbentuk dari titik-titik ini terlihat indah, dan tentunya untuk menghasilkan gambar yang indah, para siswa harus melatih kesabaran mereka menitikan pena mereka titik demi titik.
Ria Irawan, seorang siswa yang berasal dari SMKN1 Kawunganten (Filial) Kampung Laut merasa ini adalah hal baru baginya. Karena sebelumnya ia tidak pernah mendapatkan materi seperti ini disekolahnya. “Ini ya pengalaman baru buat saya..ternyata memang harus banyak berlatih ya..” ungkap siswa ganteng berbadan kurus tak terurus ini.

Kedepanya, para peserta akan diajak untuk mengenal Nirmana dan mengaplikasikannya dalam bentuk melukis di tas berbahan kanvas.

https://d19tqk5t6qcjac.cloudfront.net/i/412.html

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 8, 2015 in BERITA TERBARU, INFORMASI

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: