RSS

Anak Didik Sangkanparan Borong Penghargaan

18 Sep
Garnida Menerima 2 Piala (Festival Film Jawa Tengah)

Garnida Menerima 2 Piala (Festival Film Jawa Tengah)

Minggu, 15 September 2014 bertempat di halaman Hotel Grafika Gombong, Kebumen diselenggarakan serangkaian acara yang diberi nama Pekan Generasi Kreatif 2014. Accara yang diprakarsai oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Provinsi Jawa Tengah itu memberikan ruang dan apresiasi bagi para pelajar dalam berbagai bidang. Lomba Poster, Pemilihan Putra-putri Duta Wisata Pelajar Jwa Tengah, serta Lomba Film Dokumenter .

Lomba Film Dokumenter pada puncak acara namanya berubah menjadi FESTIVAL FILM JAWA TENGAH. Acara tersebut diperuntukan bagi remaja di Jawa Tengah. Dari berbagai daerah di Jawa Tengah didapatkanlah 81 film Dokumenter yang masuk ke meja Panitia, untuik kemudian diseleksi dan dipilihlah 6 film untuk dinobatkan sebagai Nominasi dan akan mendapatkan Hadiah Juara 1, Juara 2, Juara 3, Juara Harapan 1, Juara Harapan 2 dan Juara Harapan 3.

Borong Penghargaan
Insan Indah Pribadi, selaku pengelola komunitas Sangkanparan berangkat ke Gombong untuk mendampingi Garnida Asri Putri, siswi SMK Dr. Soetomo Cilacap. Karena beberapa waktu sebelumnya datanglah surat dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Tengah yang berisi undangan untuk menghadiri acara Malam Penganugerahan. Insan tak menyangka sebelumnya, jika film BESALEN karya Garnida Asri ini bisa tembus dan masuk menjadi Nominator dalam Ajang ini. Yang mengejutkan lagi adalah ketika juri membacakan 6 film yang masuk menjadi Nominator dalam Festival Film Jawa Tengah Tersebut. Ternyata 2 film karya anak didik Sangkanparan masuk nominasi juga yaitu film TETESAN RUPIAH karya Kusmawanti siswi SMK Muhammadiyah Majenang dan GULA JAWA KALIPOH karya Fita Fatimatul Kirom SMK N1 Kebumen. Jadi tercatat ada 3 film karya siswa didik Sangkanparan yang menjaadi nominasi dalam ajang tersebut.

Fita menerima Piala

Fita menerima Piala (Festival Film Jawa Tengah)

Pemutaran 6 film yaang masuk menjadi Nominator dalam acara tersebut berlangsung pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Dilanjutkan malam harinya Penganugerahan berbagai macam lomba di Graha Grafika Hotel Grafika Gombong.

Pengumuman di langsungkan. 2 pembawa acara yang terlihat cantik dan ganteng ini mulai mengabarkan pada para hadirin yang hadir di tempat itu. Disebutkanlah para pemenang dalam ajang tersebut. Sebagai Juara Harapaan 3 dari Dinporabudpar Kabupaten Grobogan dengan judul Film LASMI RANDHA NGGUGUK, Juara Harapan 2 diraih Disparbud Kabupaten Wonosobo dengan judul film DENDANG siRAMBUT GEMBEL, Juara Harapan 1 diraih oleh SMK Muhammadiyah Majenang Kabupaten Cilacap dengan judul film TETESAN RUPIAH, Juara 3 diraih oleh SMK N1 Kebumen dengan judul Film GULA JAWA KALIPOH, Juara 2 diraih oleh KSR Disbudpar Magelang dengan judul Film JENGKAL TANAH KLIPOH, dan sebagai Juara 1 diraih oleh SMK Dr. Soetomo Cilacap dengan judul Film BESALEN. Tak hanya itu Film BESALEN yang disutradarai Garnida Asri Putri dari SMK Dr. Soetomo Cilacap juga diganjar mendapat pnghargaan sebagai Sutradara terbaik.

Garnida Asri Putri siswi cantik SMK Dr. Soetomo Cilacap ini sama sekali tidak menyangka filmnya mendapat Juara 1 dalam ajang tersebut. “Beberapa waktu lalu film Besalen dapet Juara 2 di Festival Film Dieng, eh sekarang dapet Juara 1 di Festival Film Jawa Tengah, ditambah penghargaan Sutradara terbaik lagi” ungkap Garnida dengan mata berkaca-kaca saking gembiranya.

Drs. Bambang Hengky salah satu Dewan Juri mengungkapkan kebahagiaannya meliht prestasi yang diraih oleh para pelajar di Cilacap. “Ini suatu prestasi yang membanggakan, karena kualitas film para pelajar di Cilacap semakin meningkat. Tak hanya dari segi cerita yang diangkat tapi juga secara tekhnis”

Insan Indah Pribadi yang awalnya tak menduga ada 2 fillm karya anak didiknya mendapat penghargaan dalam ajang itu, segera mengabari Kusmawanti siswi SMK Muhammadiyah Majenang melalui sms. Kusmawanti merasa senang dan banggga filmnya bisa menjdi Juara harapan 1 dalam ajang tersebut.

Berikut hadiah yang didapat dari Ajang Festival Film Jawa Tengah.

JUARA 1
Film dengan judul BESALEN
sutradara : Garnida Asri Putri
SMK Dr. Soetomo Cilacap
Hadiah : Piala, Sertifikat dan Uang Pembinaan
plus beasiswa Bebas Uang Gedung 100% di Universitas Dian Nuswantoro

Juara 3
Film dengan judul GULA JAWA KALIPOH
sutradara : Fita Fatimatul Kirom
SMK N1 Kebumen
Hadiah : Piala, Sertifikat dan Uang Pembinaan
plus beasiswa Bebas Uang Gedung 50% di Universitas Dian Nuswantoro

Juara Harapan 1
Film dengan judul TETESAN RUPIAH
sutradara : Kusmawanti
SMK Muhammadiyah Majenang Cilacap
Hadiah : Piala, Sertifikat dan Uang Pembinaan
plus beasiswa Bebas Uang Gedung 25% di Universitas Dian Nuswantoro

Sutradara Terbaik kategori Dokumenter
GARNIDA ASRI PUTRI (SMK Dr Soetomo Cilacap)
Hadiah : Piala, Sertifikat dan Uang Pembinaan
plus beasiswa Bebas Uang Gedung 75% di Universitas Dian Nuswantoro

Insan Indah Pribadi selaku pengelola Komunitas Sangkanparan menambahkan, Semoga Kemenangan yang diraih para siswa ini bisa memotivasi para pelajar lain diseluruh Indonesia untuk terus berkarya.
Secara terpisah, Teguh Rusmadi selaku pendamping produksi film Besalen, Tetesan Rupiah dan Gula Jawa Kalipoh menyatakan kegembiraanya. “Begitulah kalau semua itu didasari rasa Cinta” ungkap Teguh Rusmadi

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada September 18, 2014 in BERITA TERBARU

 

One response to “Anak Didik Sangkanparan Borong Penghargaan

  1. Mas Arief's...

    Oktober 4, 2014 at 9:37 am

    Mantanp….. Sankanparan…..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: