RSS

Fadil, Filmkan Batu Akik Kebumen

09 Sep
Nur, saat menjadi kameramen

Nur, saat menjadi kameramen

Produksi film Dokumenter SMK N1 Kebumen di tahun 2014 masih berlanjut. Kini pada hari Kamis, 21 Agustus 2014 para siswa tersebut sudah berada di desa Ampel yang daerahnya berdekatan dengan sekolah mereka sendiri. Di desa ini tinggalah seorang bernama mas Kukun. Ia salah satu pengrajin batu akik. Kehidupannya yang sederhana dengan kreatifitasnya mengolah batu menjandi barang bernilai jual tinggi, menarik Fadil Mubarok untuk memfilmkan Kukun dalam film documenter garapannya. Fadil sang sutradara dalam film ini ingin menceritakan bagaimana batu itu diambil, diolah hingga menjadi cincin dan bernilai jual tinggi.

Film yang diberi judul ‘Berkah Kali Luk Ula’ ini merekam masa dimana masyarakat Kebumen pada saat itu sangat menggandrungi Batu Akik. Atau boleh dikatakan Batu akik pada saat itu sedang ngetrend. Dalam film ini bisa kita lihat bagaimana Kukun mendapatkan batu, hingga mengolahnya menjadi batu akik dan bernilai jual tinggi.

Dalam film ini, Nur Hidayatul Fitria, salah satu siswa SMK Muhaamadiyah Majenang berperan sebagai cameramen. Sebuah bentuk kolaborasi antar sekolah yang lain dari pada yang lain, dan hanya bisa ditemukan di TBM Sangkanparan. Nur mengungkapkan kebahagiaannya menjadi bagian dalam film ini. Ia mengaku banyak belajar dari proses pembuatan film bersama teman-teman Kebumen. “Aku banyak banget belajar dip roses produksi film bersama teman-teman Kebumen” ungkapnya saat mengoperasikan kamera DSLR Canon 60D hasil fasilitas dari TBM Sangkanparan.

Film yang mengupas tentang kehidupan mas Kukun sebagai pengrajin batu ini menarik perhatian para seniman di SRMB (Sekolah Rakyat Melu Bae). Ternyata sebagian besar rekan-rekan di SRMB pun juga gemar mengolah bebatuan menjadi barang bernilai jual tinggi.

Selanjutnya produksi film documenter berlanjut ke sebuah daerah dipusat kota. Tepatnya di kelurahan Kebumen, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Untuk merekam aktifitas Pak Slamet seorang penjual Koran yang juga seorang Seniman dan Tukang Sampah.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 9, 2014 in Utama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: