RSS

BATIK TANURAKSAN KEBUMEN

06 Sep

Catatan Produksi Film Dokumenter SMKN1 Kebumen #2

Para siswa SMKN1 Kebumen saat produksi film dokumenter

Para siswa SMKN1 Kebumen saat produksi film dokumenter

Di Gemeksekti sebuah desa di wilayah Karang Sambung Kebumen berkembanglah Batik yang sudah ada sejak abad XIX. Yang dibawa oleh para pedagang Islam dan mulai berkembang sampai saat ini.

Minggu, 17 Agustus 2014 tepat di hari Ulang Tahun RI yang ke 69, para siswa SMKN1 Kebumen melaksanakan produksi Film Dokumenter yang ke 2, usai melaksanakan upacara singkat penghormatan bendera merah putih di sebuah halaman rumah di dusun Ampel Karangsari.

Film yang kedua ini memang mengangkat tentang Batik. Batik yang berkembang di desa Gemeksekti. Di desa ini ada sebuah showroom bernama SEKAR JAGAD, dimana ditempat itu didisplay banyak kain batik bermotif indah hasil olahan masyarakat Kebumen. Selain digunakan sebagai oleh-oleh, batik-batik tersebut juga dijadikan pakaian yang siap pakai yag bisa didapatkan d Showroom Sekar Jagad milk bu Khikmah ini.

Film batik yang digarap oleh Neni Rohayatun seorang gadis cantik berjilbab, hendak mengabadikan moment istimewa aktifitas ibu-ibu muda membatik dengan cantingnya. Sehingga film ini diberi judul, Goresan Canting Gemeksekti.

para siswa sedang produksi film batik

para siswa sedang produksi film batik

Film yang mengupas tentang batik Gemeksekti ini mendapat apresiasi baik dari seorang kepala desa Gemeksekti, Bapak Ngumuludin. Baginya film ini bisa sangat membantu perkembangan Batik Gemeksekti. Sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi desa tersebut daerahnya di namakan Kampoeng Batik, maka di wilayah tersebut dibangunlah sebuah Gapura selamat datang bertuliskan KAMPOENG BATIK.

Neni Rohayatun yang menyutradarai film ini sangat berharap, Adanya kepedulian generasi muda terhadap Batik di Kebumen. Sehingga Batik di Kebumen bisa berkembang tak hanya di Indonesia tapi juga di tingkat Internasional.

Sore hari sekitar pukul 16.00 WIB, Para siswa SMKN1 Kebumen bersama juga beberapa siswa dari SMK Muhammadiyah Majenang ini langsung berpindah tempat. Mereka melanjutkan perjalanan ke Pantai Petanahan Kebumen. Perjalanan jauh yang ditempuh ini, membawa kebahagiaan tersendiri, karena film ke 3 akan segera diproduksi, yaitu film tentang Cabai.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 6, 2014 in BERITA TERBARU, Utama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: