RSS

Perlakukan kamera seperti kekasihmu (Teguh Rusmadi)

16 Jul
Teguh Rusmadi memberikan materi di Sangkanparan

Teguh Rusmadi memberikan materi di Sangkanparan

Belajar mengoperasikan kamera ini merupakan hal yang sangat mendasardalam multimedia. Ya sebelum peserta Prakerin 2014 di Sangkanparan ini memproduksi film, mereka terlebih dahulu harus belajar bagaimana cara mengoperasikan kamera. Kegiatan yang dari tahun ke tahun di lakukan oleh Sangkanparan ini merupakan bentuk sumbangsih terhadap dunia Pendidikan di bidang Multimedia. Hingga saat inipun Sangkanparan bersama dengan segenap orang-orang yang berada didalamnya masih rela meluangkan waktunya untuk berbagi, memberikan sedikit ilmu kepada adik-adik SMK Multimedia yang ingin belajar tentang Audio Visual.

Teguh Rusmadi, yang telah beberapa kali menjadi mentor serta pendamping prodduksi film di Sangkanpara, masih rela meluangkan waktu untuk berbagi dihadapan 19 siswa SMK dari berbagai ssekolah ini. Ya, tepat 7 Juli 2014 Teguh Rusmadi memberikan materi cara mengoperasikan kamera. Atau yang sering disebut Tekhnik Pengambilan Gambar.

Tak hanya proses pengambilan gambar saja, Teguh memberikan catatan penting untuk menjaga kamera. Kamera sama halnya kekasih kita, bahkan Teguh menyebut kamera sebagai isterinya. Jadi mau tidak mau kita harus sayang terhadap kamera yang kita gunakan. “Perlakukan kamera seperti pacar kita, kita harus menyayangi kamera kita, oleh sebab itu jangan asal-asalan pake kamera” ungkapnya memberikan pengertian kepada siswa tentang cara merawat kamera yang baik.

Semua siswa diwajibkan untuk mencoba dan mempraktekan mengambil gambar dengan kamera video panggul Sony HDV 1000P. Norma Tri Wahyuni, siswi SMK N1 Cilacap yang saat itu mencoba menjadi merasa lebih PD. Memang sebelumnya dirinya pernah mengoperasikan kamera di sekolahnya, namun tidak mendapatkan pengajaran secara detail seperti di Sangkanparan. “Bang Teguh ngajarin semuanya, dari cara menghidupkan kamera, masukin kaset sampe cara shooting yang baik” ungkap Norma, gadis manis berkacamata yang saat ini massih duduk di bangku SMK N1 Cilacap.

Proses belajar mengajar di TBM Sangkanparan ini masih akan terus berlanjut. Tak hanya belajar mengenal kamera, namun juga belajar menulis Skenario, Penyutradaraan sampai proses editing film.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 16, 2014 in BERITA TERBARU

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: