RSS

Presentasi Yuni & Lia di FFD (11-12-13)

16 Des
Yuni & Lia Presentasi di FFD 2013

Yuni & Lia Presentasi di FFD 2013

Jum’at, 11 Desember 2013 ditengah suasana TEST Sekolah, Yuni Etifah dan Lia Budi Cahyani siswi SMK N1 Kebumen mencoba meluangkan waktu untuk hadir dalam ajang besar Festival Film Dokumenter (FFD) 2013 di Jogjakarta. Ya film mereka yang berjudul KAMPUNG TUDUNG garapan Yuni Etifah serta RUMAH INDUSTRI RULLY garapan Lia Budi Cahyani masuk sebagai Finalis dalam Ajang Festival Film Dokumenter 2013 yang diselenggarakan di Jogja 9-14 Desember 2013.
FFD yang dikenal sebagai Barometer Ajang kompetisi bagi para filmmaker documenter se Indonesia ini memutar film-film documenter finalis kategori pelajar pada tgl 10 dan 11 Desember 2013. Sementara Yuni Etifah dan Lia Budi Cahyani, menghadiri pemutaran khusus tersebut pada 11 Desember 2013 sembari mempresentasikan filmnya kepada para penonton yang hadir pada malam itu. Diskusipun berjalan hangat dimoderatori oleh Yainils Abangs Arief pria setengah ganteng asal Malang ini.
Pada malam itu, Yuni Etifah menceritakan tentang kisah ironis dari Kampung Tudung yang sebenranya belum sempat ia tambahkan dalam filmnya “Di Grujugan memang mayoritas penduduknya adalah pengrajin Tudung, dan uniknya didesa tersebut sama sekali tidak di jumpai pohon-pohon bamboo yang tumbuh.Jadi bamboo-bambu yang didapatkan itu bukan berasal dari desa Grujugan” ungkapnya dalam diskusi di Amphi Theater 11 Desember 2013 malam.
Sementara Lia Budi Cahyani, memberikan penegasan kembali akan pesan dalam filmnya “Seperti yang diungkapkan oleh pak Suroto dalam film itu, Jangan Mencari Pekerjaan, tetapi ciptakanlah lapangan pekerjaan” ucapnya dalam presentasi yang dihadiri hampir 50 penonton malam itu.
Film-film documenter kategori Pelajar yang menjadi Finalis dalam Festival Film Dokumenter 2013 ini antara lain : Secarik Kisah Panyatan Sutradara : Rizqi Pangestu ; Rumah Industri Rully Sutradara : Lia Budi Cahyani ; Usman Janatin Sutradara : Doni Saputra ; Watu Bike Sutradara : Agustinus Saputra ; Masih Ada Asa, Voice of Trisma Sutradara : Arya Artana ; Kampung Tudung Sutradara : Yuni Etifah ; Ksatria Sembrani Sutradara : Hestian Febriani.
Film-film finalis untuk kategori dokumenter pelajar ini mampu menghadirkan perspektif baru dalam merespon sebuah isu/masalah. Selain itu gaya penceritaan yang cukup berbeda juga ditawarkan oleh film-film finalis kategori dokumenter pelajar. Subjek yang diangkat pun cukup beragam, mulai dari isu sehari-hari di dalam masyarakat sampai ke masalah yang sangat personal.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 16, 2013 in Utama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: