RSS

Grujugan Kampung Tudung

20 Agu

Catatan Produksi #4 Film Dokumenter Prakerin 2013, SMK N1 Kebumen

merekam suasana desa

merekam suasana desa

Kamis, 15 Agustus 2013. Meski hutang scene Sunset, mau tidak mau produksi dokumenter tentang pembuatan Gula harus segera diakhiri, meningat masih ada 2 produksi film lagi, yaitu Film tentang Tudung dan Tas.

Siang itu, kami segera bergegas balik arah ke Petanahan. Kali ini, kami tidak berada di atas bukit. Meski kami tetap harus blusukan sampai ke desa yang disebut sebagai desa Grujugan. Dimana di desa ini mayoritas penduduknya memproduksi Tudung / Caping. Sehingga sangat tepat jika dikatakan sebagai Kampung Tudung.

Film Dokumenter yang disutradarai langsung oleh Yuni Etifah, Gadis berkulit putih berparas cantik ini ingin menyampaikan proses detail pembuatan Tudung serta proses pendistribusian tudung tersebut.

Tak kalah dengan desa-desa sebelumnya. Ternyata di desa Grujugan ini, banyak pula suasana yang indah dan eksotis. Mata kamera selalu saja menemukan suasana yang indah dari sudut ke sudut, dari waktu ke waktu.

merekam aktivitas Brayan

merekam aktivitas Brayan

Hampir tiap halaman rumah di desa ini diramaikan dengan aktivitas warga membuat tudung/caping. Dan uniknya lagi di desa ini pasar tradisional masih bertahan. Kami bersyukur bisa merekam suasana pasar tradisional yang dinamakan Pasar Gamblok ini. Entah berapa tahun kedepan mungkin pasar ini akan berubah jadi pasar modern atau akan tetap seperti ini kami tidak tahu. Yang jelas kamera kami sudah berhasil merekam segala suasana dan kegiatan komunikasi antar sesama yang adiluhung dan beradab.

Produksi film dokumenter tentang Tudung di Desa Grujugan juga memakan waktu 2 hari. Karena banyak sekali yang harus diabadikan dalam film. ” Saya ingin mengabadikan semua yang ada didesa ini dalam bentuk film, terutama masyarakatnya yang memiliki keahlian khusus dibanding dengan desa lain di Kebumen” ungkap Yuni Etifah sutradara sekaligus pencetus ide film Grujugan Kampung Tudung ini.

 

** Next Baca : Catatan Produksi #5 Film Dokumenter Prakerin 2013, SMK N1 Kebumen

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 20, 2013 in BERITA TERBARU, INFORMASI

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: