RSS

Jalan-jalan sambil belajar Sketsa

22 Jul

menggambar2Minggu, 21 Juli 2013, masih dalam suasana bulan Ramadhan, 14 siswa yang mengikuti program Prakerin di TBM Sangkanparan banyak melakukan aktivitas yang berdasar Desain Grafis dan Multimedia. 14 siswa yang terdiri dari 7 siswa SMK N1 Kebumen dan 7 siswa SMK Muhammadiyah Majenang ini terlihat asik mengamati beberapa objek yang sedang ia gambar. Ya, tugas hari itu adalah mengamati objek di sekitar mereka lalu membuat sketsanya. Menggambar sketsa merupakan hal paling dasar ilmu desain grafis.

Pagi itu, 14 siswa diajak jalan-jalan ke beberapa tempat, lalu mereka berhenti dan mengamati tempat-tempat di sekeliling mereka, dan menuangkan apa yang ia lihat dalam bentuk sketsa di kertas putih. Memang terkesan sangat remeh, menggambar objek yang kita lihat. Namun hal inilah yang sebenarnya melatih kepekaan sense of art dalam diri seseorang.

Satu objek dipandang dari sudut yang berbeda sudah pasti akan berbeda wujudnya. Begitu halnya dengan mereka yang menggambarkan objek dari sudut yang berbeda-beda. Menggambar sketsa ini akan dilakukan 3 tahap dengan tekhnik yang berbeda-beda. Di tahap awal, mereka diajarkan menggambar dengan menggunakan pensil biasa. Di tahap selanjutnya nanti mereka akan diajarkan menggambar sketsa dengan menggunakan tinta dan lidi (biting). Dan di tahap selanjutnya lagi mereka harus bisa menggambar sket dengan menggunakan kuas dan tinta.

menggamSelain melatih siswa pandai mengolah gambar, menggambar objek merupakan proses mengolah logika. Banyak diantara mereka tidak bisa menuangkan apa yang ia lihat dalam bentuk gambar. Bagi siswa-siswa jurusan multimedia yang demikian, hal ini sangat berdampak terhadap karya yang akan mereka buat nantinya. Mereka mau tidak mau harus berlatih mengolah logika mereka dalam menuangkan gambar yang riil. Sehingga hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. Lain halnya dengan anak TK yang menggambar dengan imajinasi yang bebas, gambar pohon dan mobil yang terbalik atau rumah yang bentuknya miring misalnya. Menggambar yang saat ini dilakukan oleh siswa-sisiwi di TBM Sangkanparan adalah dengan menggambar perspektif sesuai dengan apa yang ia pandang.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 22, 2013 in BERITA TERBARU

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: