RSS

Melukis Kendhi di TBM Sangkanparan

29 Des
suasana melukis kendhi di Sangkanparan

suasana melukis kendhi di Sangkanparan

Seperti biasanya, setiap peserta yang Prakerin di TBM Sangkanparan akan di kenalkan dengan tekhnik dasar desain grafis. Mereka akan membuat komposisi garis, bidang dan warna menjadi sebuah gambar yang indah. Lain dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini sebelum mereka melukis sepatu, terlebih dahulu mereka akan mempraktekan teori Nirmana Dwimatra pada sebuah bidang tanah liat (kendhi, celengan dan sejenisnya).

Sebanyak 24 anak dari SMK Dr. Soetomo Cilacap yang terdaftar Prakerin di TBM Sangkanparan menjalankan tugas program Prakerin 2013 di TBM Sangkanparan. Praktek Kerja Industri di sebuah rumah kontrakan kecil ini memang tujuannya adalah untuk memotivasi para pelajar SMK agar dapat terus berkarya. Sebut saja Vera, salah satu peserta prakerin di TBM Sangkanparan yang mencoba menorehkan motif bebatuan pada kendhinya. Dengan penuh konsentrasi dan kesabaran akhirnya kendhi tersebut selesai diwarnai bemacam warna. “Ini ceritanya ya batu-batu yang nempel, hehe” ungkap Vera ketika ditanya gambar apa yang sedang ia torehkan pada kendhinya.

peserta Prakerin Melukis Kendhi

peserta Prakerin Melukis Kendhi

Sementara Mega, gadis tinggi berbadan langsing yang juga turut serta melukis kendhi dengan motif bunga merasakan keasikan tersendiri ketika gambar bunga pada kendhi yang ia buat akhirnya terselesaikan. Gambar bunga pada kendhinya ia beri outline hitam dengan menggunakan spidol hitam.

Praktek Nirmana Dwimatra ini dilakukan agar para siswa dari jurusan multimedia SMK Dr. Soetomo itu mengerti akan dasar-dasar desain grafis. “Dari cara mereka menyelesaikan karyanya itu bisa terlihat kok, mana yang sabar, mana yang karyanya rapi dan berantakan..Jika karyanya berantakan, bisa dipastikan mereka belum focus untuk menyelesaikan kerja-kerja atau tanggungjawab yang ia emban. Artinya hal ini akan diterapkan dalam dunia kerja nyata. Jadi jika mau serius dan tlaten, niscaya semuanya akan terselesaikan dengan baik.” Ungkap Insan Indah Pribadi pengelola TBM Sangkanparan.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 29, 2012 in Utama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: