RSS

“Aku Indonesia” video terbaik Kompetisi Video Online Bhineka Tinggal Duka (in) Toleransi

04 Des
sambutan sat awarding night. "Semoga dgn hadiah ini, anak2 SMK d Cilacap bisa tambah semangat dlm berkarya"

sambutan sat awarding night. “Semoga dgn hadiah ini, anak2 SMK d Cilacap bisa tambah semangat dlm berkarya”

Film Pendek berdurasi 3 menit garapan Hernaedy Sidharta, Cilacap yang berjudul Aku Indonesia mendapat penghargaan Video terbaik Pertama pada ajang Kompetisi Video Online “Bhineka Tinggal Duka” (in) Toleransi yang digagas oleh Engage Media Jakarta. Video ini mencoba mengangkat pengalaman pribadi Hernaedy atau yang akrab di panggil Acong. Sebagai seorang muslim, Acong terbilang rajin beribadah. Namun ada sesuatu yang terasa mengganjal baginya. ketika menjumpai tatapan mata orang-orang disekitarnya yang dirasa aneh. Wajah Acong yang terlihat oriental ini membuat beberapa orang disekitarnya menatap aneh. Belum lagi, sebagai seorang keturunan tionghoa ia sering kali mendapat perlakuan yang tidak mengenakkan. Diejek, dipalak adalah hal yang sering ia alami. “Beruntung saya mempunyai teman-teman yang sangat baik dan selalu mensupport saya untuk terus maju dan berkarya” ungkapnya kemarin.

Video ini tak hanya mampu menyedot perhatian para juri yang terdiri dari Alissa Wahid, Elly Husin dan Aryo Danusiri namun juga ratusan penonton yang hadir pada pemutaran 8 video finalis di Jakarta.

Insan Indah Pribadi, pegiat film asal Cilacap yang juga fasilitator dalam film tersebut mewakili Acong menerima Hadiah pada puncak acara Malam Penganugerahan Kompetisi Video Online “Bhineka Tinggal Duka” di Waroeng Bang Hoody Pejaten, Jakarta  pada 1 Desember 2012 jam 20.00 WIB. Dalam kompetisi tersebut ada 3 jenis penghargaan yang diberikan. masing masing terdiri dari : Runer Up 1 diraih olehSeragam yang Tak Melindungi Keberagamangarapan Rikky, dan Runer-Up 2 diraih oleh video berjudul Warna-warni itu Indah-garapan Luvie Melati. Sedangkan Video terbaik Kompetisi Video Online “Bhineka Tinggal Duka” di raih oleh Hernaedy Sidharta asal Cilacap dengan video pendeknya berjudul Aku Indonesia.

Kompetisi yang diadakan oleh Engage Media ini memang konsen membicarakan persoalan Toleransi. Masing-masing punya cara bertutur yang berbeda. Ada yang mengangkat tenang persoalan agama, perbedaan, ras dan kekerasan yang berdampak dalam kehidupan masyarakat di sekitar kita. Sementara itu Insan Indah Pribadi menyempatkan bercerita tentang suasana keharmonisan yang dibangun di Cilacap. Insan menjelaskan aktifitas positif para pemuda dari berbagai lapisan masyarakat yang berbeda agama. Toleransi itu dibangun demi terciptanya suasana yang aman dan damai di bumi Wijaya Kusuma Sakti Cilacap. Tentu saja suasana di berbagai kota pasti berbeda. Di jakarta contohnya, kekerasan yang mengatasnamakan agama kerap terjadi. Namun di Cilacap hal itu jarang terjadi, atau bisa dikatakan sama sekali tidak terjadi. “Suasana yang kondusif itu di bangun bersama bukan hanya oleh pemerintah dan jajarannya, namun juga keterlibatan berbagai komunitas, pemuda dan seluruh masyarakat Cilacap” tuturnya.

foto bersama para finalis (Jkt,1 Des 2012)

foto bersama para finalis (Jkt,1 Des 2012)

Insan menambahkan adanya gerakan aktif  Forum Kerukunan Umat Beragama di Cilacap yang sedikit demi sedikit memberikan motivasi kepada para pemuda untuk kembali mengangkat makna kebersamaan dalam bingkai Ketuhanan Yang Maha Esa sesuai dengan asas BHINEKA TUNGGAL IKA.

Diluar itu, Lexy Lambadeta senior filmaker dokumenter yang juga sebagai mentor dalam Master Class yag diadakan Engage Media di Jakarta menyatakan tertarik dengan film Aku Indonesia Buatan anak-anak Cilacap. Bukan hanya dari segi bertuturnya, namun juga dari segi visual dan audionya. “Dari awal saya menyukai film ini, dari cara bertuturnya yang menggunakan bahasa ngapak dan penyajian gambar yang ringan sangat mewakili tema yang diangkat dalam kompetisi ini. Di masa yang akan datang, film-film seperti inilah yang akan mendapat perhatian masyarakat luas di Indonesia.”

(laporan-Insan)

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 4, 2012 in Utama

 

2 responses to ““Aku Indonesia” video terbaik Kompetisi Video Online Bhineka Tinggal Duka (in) Toleransi

  1. mazgoeh

    Desember 17, 2012 at 11:43 pm

    lanjut gan…

     
    • sangkanparan

      Desember 18, 2012 at 12:11 am

      mantabs gan….🙂

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: