RSS

Festival Film Esemka sambut Cilacap sebagai Kabupaten Vokasi

21 Nov

Sebanyak 31 Film Pendek hasil karya Pelajar SMA/SMK Se-Kabupaten Cilacap telah sampai di meja panitia. 31 Film itu siap bertarung dalam ajang FFE “Festival Film Esemka” Cilacap, 29 November 2012 mendatang. Festival Film Esemka yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Cilacap sebagai Kabupaten Vokasi, mengajak peran serta pelajar se-Kabupaten Cilacap untuk ikut aktif berkarya demi perkembangan Kabupaten Cilacap kearah yang lebih baik. Para pelajar sebagai kaum terdidik harus bisa mengisi waktunya dengan kegiatan positif. Salah satunya dengan berkarya melalui jalur Film/Multimedia. Film tak hanya sebagai media audio visual semata. Namun melalui film, kita diajak untuk mengerti tentang segala sesuatu yang terjadi disekitar kita. “Dari pada melakukan kegiatan yang tidak baik seperti perkelahian antar pelajar yang hanya mencoreng citra kabupaten Cilacap, lebih baik diisi dengan kegiatan yang positif dan membangun” ungkap Dewi Kusumawati,S.Sos selaku Sekretaris Pelaksana Festival Film Esemka.

Tak sedikit penghargaan yang telah diterima pelajar Cilacap melalui jalur Film. Beberapa waktu lalu, siswa SMK Dr. Soetomo meraih penghargaan Kameraman Terbaik dan Aktor Terbaik pada Festival Film Anak Medan 2011, Dan SMK N 1 Cilacap juga pernah menyabet Juara dalam Festival Film Pelajar Jawa Tengah 2010-2011 serta di ajang Festival Film lain di Tanah Air. Tak hanya itu. Jauh di tahun-tahun sebelumnya SMA N 1 Cilacap pernah mendapatkan penghargaan bergengsi pula, pasalnya Film buatan Pelajar SMAN1 Cilacap tersebut pernah diputar di Kineforum, TIM Jakarta dalam rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Pusat Kebudayaan Perancis.

Sementara itu, Drs Sulistiyono selaku koordinator Pelaksana menyatakan. Dalam Gelaran Festival Film Esemka ini, para peserta akan memperebutkan 3 kategori penghargaan. Film Fiksi Terbaik, Film Dokumenter Terbaik dan Film Favorit pilihan Penonton. “Para pemenang akan mendapatkan Trophy dan Piagam Pembinaan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Cilacap.”

Melihat perkembangan di daerah, Insan Indah Pribadi yang telah lama mengelola komunitas Sangkanparan  dan juga pengurus Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB) turut memberikan komentar “Ini sebuah kemajuan yang luar biasa, oleh sebab itu saya menyambut baik penyelenggaraan FFE ini. Semoga bisa semakin membangkitkan kesadaran pada setiap masyarakat untuk pentingnya merekam sesuatu disekitar kita. Film tak hanya sebuah gambar, melalui film kita bisa menyampaikan pesan”

Rencananya FFE akan di gelar Kamis 29 November 2012, di Gedung Sumekar PKK Kompleks Kabupaten Cilacap. Acara dimulai pukul 09.30 WIB sd Selesai.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 21, 2012 in Utama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: