RSS

Pengalaman Melukis Sepatu di Sangkanparan

26 Sep

Ditulis oleh : Desi Susanti Fajriyah – SMK N1 Kebumen

Kali ini kami diberi materi baru, yaitu “Melukis Sepatu”. Lukis sepatu adalah salah satu dari Praktek penerapan NIRMANA DWI MATRA, yaitu penggabungan beberapa titik atau beberapa garis pada suatu bidang dua dimensi hingga membentuk suatu pola. Begitu kurang lebih kesimpulan yang dapat saya tangkap dari penjelasan Babeh Insan, selaku pengurus komunitas Sangkanparan.

Sebenarnya ini yang saya tunggu- tunggu dari pertama saya PKL disini, dan akhirnya kemarin sebelum pulang kerumah untuk liburan, saya disuruh beli sepatu kanvas putih. Akhirnya saya langsung meluncur ke Pasar Wonokriyo Gombong, meskipun lumayan jauh, tapi akhirnya saya menemukanya disebuah toko setelah cukup lama mencarinya.

Hari pertama masuk setelah libur kemarin kami langsung praktek, dan kami bertiga bingung karena belum tau apa yang akan kami gambar. Untung ada internet, kami langsung mencari contoh-contoh sepatu lukis di internet, dan ternyata bagus-bagus sekali. Kami membayangkan sepatu kami akah sebagus itu, dan sempat muncul difikiran saya untuk menjiplak salah satu gambar di internet itu. Tapi setelah saya fikir-fikir, dimana kreativitas saya? Untuk apa saya diberi kesempatan seperti ini kalo cuma njiplak karya orang lain? Akhirnya saya berfikir dan memadukan gambar spongebob dalam bidang sebuah sepatu. Cukup sulit sebelumnya, namun saya mulai menemukan ide untuk memadukan warna kuning spongebob dengan warna ungu pada lubang-lubang ditubuhnya. Namun apa boleh buat, cat warna ungu yang ada tidak sesuai dengan yang saya inginkan, walaupun sudah saya coba padukan dengan warna lain tapi tetap saja kurang bagus. Melihat cat warna hijau saya berfikir untuk memadukanya dengan warna kuning, seperti spongebob pada umumnya.

          Ada beberapa tips yang harus diperhatikan:

  • Pertama, gambar gola dengan menggunakan pensil yang runcing, tetapi usahakan garis pola jangan terlalu tebal. Karena tidak semua bagian garis bisa tertutup cat denga baik.
  • Kedua, campur cat air dengan bitman (lem khusus) dan air secukupnya.
  • Ketiga, mulailah melukis dengan warna yang paling cerah dan terakhir warna yang paling gelap. Misalkan saya menggunakan warna kuning, hijau dan hitam. Mulailah menggambar semua bagian yang menggunakan warna kuning, setelah semua warna kuning selesai baru warna hijau kemudian dilanjutkan warna hitam.

Mau tau cara membuatnya? Ini dia langkah-langkah membuat sepatu lukis:

  1. Siapkan 1 pasang sepatu kanvas putih.
  2. Encerkan lem kayu dengan air panas hingga cair seperti air.
  3. Oleskan lem cair ke seluruh permukaan kain.
  4. Jemur hingga kering.
  5. Buat pola yang di inginkan dengan pensil.
  6. Mulai gambar dengan cat air dan ikuti pola yang telah dibuat hingga selesai.
  7. Jemur hingga kering.
  8. Sepatu siap dipakai.

Nah Demikian sekedar ulasan dari saya. Sembari belajar menulis lewat Blog ini. Terimakasih babeh Insan Indah Pribadi yang telah memperbolehkan saya mengisi artikel di blog sangkanparan yang keren ini. (Deasy)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 26, 2012 in Utama

 

Tinggalkan Balasan

 
