RSS

Mengenal Kamera bersama Teguh Rusmadi

16 Jan

“DOP adalah seorang yang melukis dengan cahaya. Ia memiliki mata yang tajam dan imajinasi yang kreatif”
Teguh Rusmadi pada status Facebooknya, 7 Januari 2012

Setelah sebelumnya mereka dikenalkan berbagai jenis film sebagai referensi, dengan menonton puluhan film pendek di TBM (Taman Belajar Multimedia) Sangkanparan, sampai pada akhirnya mendapat tugas membuat ide cerita. Kini tiba saatnya mereka dikenalkan pada media/alat yang dipakai untuk mengambil gambar. Dalam dunia film alat tersebut dikenal dengan sebutan KAMERA.

Di pagi hari, tepat di hari Sabtu, 14 Januari 2012. Suasana mendung yang perlahan cerah ini menghantarkan Teguh Rusmadi ke sebuah rumah kecil di Perumahan Sidanegara Indah Cilacap. Teguh Rusmadi yang namanya mulai dikenal di dunia film sebagai DOP (Director of Photography) atau sebutan sederhananya Kameramen, turut berbagi ilmu tentang Pengenalan Kamera dan Tekhnik Penggunaan Kamera Video.

18 siswa peserta Program Prakerin (Prektek Kerja Industri) yang berasal dari SMK Dr. Soetomo ini menyimak materi pembelajaran yang disampaikan oleh Teguh Rusmadi. Mereka mempraktekkan satu persatu, bagaimana caranya mengoperasikan kamera, cara pengambilan gambar dan juga mengenal bagian-bagian penting pada kamera.

Ayuning Bagaswatie, salah satu peserta Prakerin merasa mendapatkan pelajaran baru yang penting. Ini merupakan hal pertama baginya mengenal peralatan yang dipakai untuk menshooting sebuah adegan dalam pembuatan film. “Saya berharap bisa jadi kameramen di dunia broadcast.” Ungkap gadis berparas manis yang bertempat tinggal di Tegal Asri ini.

Selain itu, Abdul Rojak yang sebelumnya sudah pernah membuat film sederhana di sekolahnya semakin paham fungsi bagian-bagian yang terdapat pada kamera video tersebut.

Selain memberikan materi Pengenalan Kamera, Teguh Rusmadi juga bercerita tentang pengalamannya pada dunia Perfilman Layar Lebar. Para peserta Prakerin TBM Sangkanparan menyimak dengan seksama cerita suka dukanya Produksi Film.

Bicara Sinematografi, sama halnya membicarakan soal keindahan. Film yg baik tidak saja baik dari segi cerita, namun semua hal yg ada di dalamnya. ungkap Teguh Rusmadi yang pernah ditugaskan menjadi DOP pada Behind The Scene produksi Film Layar Lebar berjudul Cinta Mati produksi Shooting Star, yang dibintangi oleh Astrid Iar dan Vino G Bastian di Jakarta.

Program Prakerin siswa SMK Dr. Soetomo Cilacap di TBM Sangkanparan akan berlangsung selama 3 bulan. Terhitung sejak Januari 2012 sampai Maret 2012.

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 16, 2012 in BERITA TERBARU

 

3 responses to “Mengenal Kamera bersama Teguh Rusmadi

  1. Mang Barol

    Januari 30, 2012 at 4:48 pm

    Menarik sekali….sangkanparan..andai aku bisa ketemu n ngobrol bareng kalian..kayane aku isine mung takon terus. saking akeeh sing aku rung ngerti ning pengin ngerti …maju terus sangkan paran..dan TBM, mudah2an kapan2 aku bisa ketemu dan merguru pada kalian..

     
    • sangkanparan

      Februari 27, 2012 at 2:03 am

      matur nuwun mas.. ah kita juga masih belajar kok..
      Pintu terbuka lebar mas..barangkali mau berkunjung…

       
  2. boim pespa

    Maret 4, 2012 at 10:40 am

    hehehehe teguhhhhh
    jiannnntt
    SEMANGAT GUHHHHH

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: