RSS

Asyiik !! Melukis Septu bersama !

12 Jan

Tepat di hari Rabu, 11 Januari 2012. Pagi-pagi benar TBM Sangkanparan sudah diramaikan kurang lebih 18 siswa yang berasal dari SMK Dr. Soetomo Cilacap. Mereka tengah menjalani program Prakerin (Praktek Kerja Industri) selama 3 bulan di TBM (Taman Belajar Multimedia) Sangkanparan. Dan hari ini saatnya mereka mengenal tentang NIRMANA. Sebuah pengertian yang digunakan dalam dunia Desain Grafis akan pengenalan garis, gambar, bentuk, dan komposisi warna. NIRMANA sendiri dibagi menjadi dua, Nirmana Dwi Matra dan Nirmana Tri Matra. Nirmana Dwi Matra berhubungan dengan hal-hal 2 dimensi. Garis, gambar, dan komposisi warna merupakan satu hal yang berkaitan dalam Nirmana Dwi Matra. Sedangkan Nirmana Tri Matra berkaitan dengan hal-hal 3 dimensi. Bentuk yang berwujud 3 dimensi seperti kerajinan tangan.

Hari ini, mereka belajar mengenal garis, gambar dan komposisi warna melalui kegiatan melukis sepatu. Para siswa yang terdiri dari 6 perempuan dan 12 pria ini sangat serius mengikuti kegiatan melukis sepatu. Mereka menuangkan imajinasi mereka sebebas bebasnya untuk mewarnai sepatu mereka.

Pengenalan Nirmana ini akan dilakukan selama 2 hari. Untuk Nirmana Dwi Matra, Sangkanparan mengundang Perupa Daryono Yunani sebagai pemateri dalam melukis sepatu. Sedangkan untuk Nirmana Tri Matra, Sangkanparan mengundang Nur Eri, seorang perupa yang aktif membuat kerajinan tangan.
Riani, seorang siswi berparas manis ini merasa senang berada dalam program Prakerin di TBM Sangkanparan. Pasalnya hal-hal seperti ini tidak ia dapatkan di sekolahnya. “Saya senang sekali bisa melukis sepatu, karena di sekolah tidak diajarkan melukis sepatu.”

Selain itu Daryono Yunani sendiri mengungkapkan kegiatan semacam ini sangat baik dilakukan. Karena mengingat sangat minimnya komunitas yang mau membuka diri untuk memberikan ruang-ruang alternatif untuk siswa mengenal dunia berkesenian. Komunitas Sangkanparan dengan programnya TBM (Taman Belajar Multimedia) melakukan hal itu.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 12, 2012 in Utama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: