RSS

Program Prakerin TBM SANGKANPARAN 2012 diMulai !!

10 Jan

Tepat di awal tahun 2012 ini, TBM Sangkanparan kembali diramaikan oleh pelajar yang mengikuti program PRAKERIN 2012. Prakerin yang akan berlangsung selama 3 bulan ini diramaikan oleh sebanyak 18 orang siswa. Mereka berasal dari SMK Dr. Soetomo Cilacap.

18 pelajar yang terdiri dari 6 perempuan dan 12 pria ini, akan mengikuti program Prakerin di TBM Sangkanparan. Mulai dari meresume film, belajar menulis, mengkritik film, menulis skenario, membuat film, editing film dan juga belajar desain grafis.

Di minggu-minggu awal ini, mereka tengah disibukkan dengan menonton puluhan film pendek berbagai genre. Baik itu dokumenter, fiksi , animasi, dan eksperimental. Film-film tersebut merupakan karya dari teman-teman pembuat film dari berbagai daerah.

Tak hanya itu, mereka diwajibkan untuk membuat resume atas film yang mereka tonton. Mengulas film, mengkaji dan mengkritisi. Hal ini dilakukan, agar para siswa bisa menilai film dan pada akhirnya mau menulis. Karena belakangan ini, minat membaca dan menulis pelajar sangat minim. Sehingga tak heran cara bertutur mereka dalam bentuk tulisan juga sangat memprihatinkan. Banyak diantara mereka yang tak paham cara menuliskan kalimat yang baik dan benar. Banyak pula diantara mereka yang hasil tulisannya tidak bisa dimengerti sama sekali oleh pembaca.

Entah apa yang membuat pelajar sekarang jadi tak suka membaca dan menulis. Entah apa yang membuat mereka semua tak bisa bertutur atau sekedar menulis artikel. Herannya, sebagian besar dari mereka justru jago mengomentari status teman-temannya di Facebook.

Apa ini akibat dari guru Bahasa Indonesia yang tidak benar-benar paham akan tekhnik mengajar Bahasa Indonesia..? Karena sebagian besar dari mereka (para siswa) mengaku tidak diajarkan sastra pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Oleh sebab itu, TBM Sangkanparan hadir sebagai pelengkap dalam dunia pendidikan yang suram. Bukan semakin membuat suram, tapi untuk meluruskan jalan, dan menuntun mereka ketempat yang lebih terang.. #Cieeeeeeeeee

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 10, 2012 in BERITA TERBARU

 

3 responses to “Program Prakerin TBM SANGKANPARAN 2012 diMulai !!

  1. Badruddin Emce

    Januari 10, 2012 at 5:54 am

    Penulis-penulis muda “Banyumas Raya” berbakat seperti Hizi Firmansyah, Alfiyan Harfi, Rudiana Ade Ginanjar, Abdul Aziz Rasjid, Ryan Rahman dll perlu dilibatkan, biar kemampuan peserta tambah berwarna.

     
  2. Ulun Wangi

    Januari 14, 2012 at 1:54 am

    Ulun bukan lagi pelajar.apa ada program sperti itu yg tidak mengkhususkan untuk pelajar saja?

     
    • sangkanparan

      Januari 14, 2012 at 4:57 am

      buoleh kok…berkunjung aja ke sangkanparan
      .. bawa sajen yaa. (gula, kopi, mendowan hahahahaha)

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: