RSS

Aktor dan Kameramen Terbaik FESTIVAL FILM ANAK MEDAN 2011.

27 Okt

Kisah tentang seorang pelupa.

Seperti judulnya KELALENAN yang artinya ‘Pelupa’, mengkisahkan seorang anak yang selalu lupa terhadap apa yang ia lakukan. Sebut saja Bagas, seorang siswa kelas dua SMK Dr. Soetomo Cilacap berangkat dengan membawa sepeda, namun ketika pulang ia melupakan sepedanya. Lalu ibunya menyuruh Bagas mengambil sepeda. Untuk memastikan agar sepeda tersebut benar-benar diambil oleh Bagas, maka sang Ibu menyuruhnya mengambil sepeda ke sekolah bersama kakeknya. Setelah itu Bagas kembali ke rumah bersama sepedanya. Ibunya senang melihat Bagas kembali dengan sepedanya. Namun ada sesuatu yang aneh. Setelah dipikir-pikir ternyata benar dugaan ibu, Bagas hanya pulang dengan sepedanya, sementara kakeknya tertinggal di sekolah.

Film yang disutradarai oleh Ade Ragil ini, ternyata mendapat perhatian yang cukup membanggakan pada Festival Film Anak yang diselenggarakan di Medan. Juri Festival Film Anak Medan 2011 (FFA) memberikan penghargaan kepada Febriana Dwi sebagai AKTOR TERBAIK dan Dandon Bangkit sebagai KAMERAMEN TERBAIK dalam film Kelalenan produksi Adhe Kartun Production. Film yang di produksi oleh siswa-siswi SMK Dr. Soetomo Cilacap pada program Prakerin di TBM Sangkanparan ini mengambil setting dan nuansa di Cilacap. Dialognyapun menggunakan bahasa ‘Ngapak Cilacapan’. Ketakutan akan tidak dipahaminya isi cerita dalam film tidak menjadi soal bagi para pembuat film yang statusnya masih pelajar ini, pasalnya mereka telah membuat subtitle Indonesia di setiap dialog yang diucapkan dalam film tersebut. Seperti halnya kita melihat film-film asing, selalu saja ada subtitle dalam bahasa Indonesianya.

Anak Desa berprestasi !

Febriana Dwi dan Dandon Bangkit yang mendengar kabar melalui sms merasa tak yakin kalau dirinya dinobatkan sebagai AKTOR TERBAIK dan KAMERAMEN TERBAIK pada FFA 2011. Pasalnya ia benar-benar baru pertama kali belajar tentang Film ketika masuk jurusan Multimedia di SMK Dr. Soetomo Cilacap. Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi SMK Dr. Soetomo Cilacap. Karena melalui film KELALENAN bisa menyabet 2 penghargaan sekaligus. Ungkapan syukur ini diungkapkan oleh Andreas Rivai, guru jurusan Multimedia di SMK Dr Soetomo Cilacap. “Kami merasa bersyukur dan berterimakasih sekali atas dampingan dari komunitas Sangkanparan, sehingga karya dari siswa-siswi kami bisa mendapat penghargaan di Festival Film yang skalanya tk. Nasional itu.”

“Masa sih orang ndesa seperti saya bisa terpilih jadi aktor terbaik??” tutur Febriana Dwi seorang siswa yang berasal dari Kubang Kangkung Kawunganten ini. Ini membuktikan, bahwa prestasi/kemenangan bukan hanya milik masyarakat perkotaan, namun masyarakat di pedesaanpun mampu, tandasnya.

Sementara Teguh Rusmadi dari komunitas Sangkanparan selaku ‘Pendamping Produksi’ dalam proses pembuatan film Kelalenan menyatakan bahwa dirinya terharu mendengar kabar bahagia ini. “Meski demikian, sampai saat inipun saya masih terus belajar, dengan membaca artikel tentang multimedia yang saya dapatkan di internet, Semoga tak berhenti sampai disini, Semoga segala sesutau yang kami lakukan bisa memberikan semangat bagi yang lain untuk terus berkarya.”

Sampai tulisan ini diunggah, Dandon dan Febri yang sempat mampir ke TBM Sangkanparan, menyatakan akan membuat film baru yang lebih rapi bersama teman-temannya. Semoga tidak mengalami penurunan, namun lebih baik lagi.

Iklan
 
5 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 27, 2011 in Utama

 

5 responses to “Aktor dan Kameramen Terbaik FESTIVAL FILM ANAK MEDAN 2011.

  1. azy

    November 9, 2011 at 10:26 am

    SALUUUUTT DAH GWA,,, JADI BANGGA SEKOLAH DI Dr. SOETOMO
    SEMANGAT,,, DAN TERUS PERKEMBANGKAN KREATIVITAS KALIA,,,

    BY.. AZY DISCONNECTED

     
    • afifadadiblogini

      Desember 31, 2011 at 10:46 am

      salut dan salut saudara! asah terus kemampuan, perluas wawasan, dan selalu semangat bung!

       
  2. usman syahputra

    Februari 29, 2012 at 9:05 am

    salut buat anak anak multimedia smk dr soetomo…

    from : usman syah putra Xmp1 docsut

     
  3. Tedy Baadillah

    Mei 18, 2012 at 8:56 am

    bangga aku ucapkan tuk klian smua…sukses selalu doksut Cilacap

     
  4. risaluma96

    Maret 2, 2016 at 1:11 am

    bikin tertawa sampei perut sakit

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: