RSS

Pemutaran Video JalanRemaja1208 di CILACAP

12 Agu

Tepat pada pukul 15.30WIB, Layar Putih dibentangkan. Disebuah garasi samping rumah TBM “Taman Belajar Multimedia” Sangkanparan. Ya pada hari Jum’at 12 Agustus 2011, telah diadakan pemutaran 27 Video Karya Remaja dari seluruh Indonesia. Video tersebut dikemas dalam satu kompilasi dengan tema besar “ME INSTAN”. Video tersebut diputar serempak pada 12 Agustus 2011 di 51 titik di Indonesia.
Project besar yang digagas oleh Yayasan Kampung Halaman ini diselenggarakan tiap tahun. Project tersebut diberi nama JALAN REMAJA 1208. Sebuah project yang dilakukan untuk memperingati HARI REMAJA INTERNASIONAL.
Nah, pada kesempatan kali ini, dalam Project Jalan Remaja 1208, ada 3 video Remaja Cilacap yang juga mewarnai kompilasi video diary ME INSTAN. 3 video tersebut adalah : NO MINDER karya Famela dari SMK N 1 Cilacap, AKU INDONESIA karya Hernaedy Sidharta dari SMK Dr. Soetomo Cilacap, dan HANYA KENANGAN karya Dimas Novianto alumnus SMK Dr. Soetomo Cilacap.
Sore itu, suasana pemutaran menjadi meriah. Karna 3 pembuat video tersebut hadir secara langsung di Sangkanparan. Dan mereka mempresentasikan karya mereka satu per satu. Selain itu, mereka juga menyaksikan video lain karya remaja dari berbagai daerah di Indonesia..

Acara dibuka oleh Dewi Kusumawati pengurus perpustakaan dan bank data film Sangkanparan Cilacap.
Hal yang paling membanggakan bagi mereka adalah, masuknya video mereka dalam kompilasi video ME INSTAN, yang dapat disaksikan secara serempak di 51 daerah di seluruh Indonesia…
Famela, gadis berjilbab berparas cantik ini menceritakan pengalamannya membuat videonya. “Adakalanya kami bertengkar karena berbeda pendapat. Namun semua itu bisa kami selesaikan dengan baik.”
Famela juga bercerita, kalau dirinya dan teman-temannya harus bangun sebelum subuh untuk dapat mengambil gambar di sebuah pasar. Ini pengalaman yang unik dan tak terlupakan baginya.
Sementara, Dimas Novianto yang membuat karya dengan lukisan pasirnya menceritakan keluh kesah Pembangunan di daerahnya. Ia merasa kehilangan kenangan masa kecilnya. Karna sawah-sawah dan keindahan alam di desanya kini telah berubah jadi lahan Inustri. Kegelisahannya itu ia kemas dalam sebuah video berjudul HANYA KENANGAN. Cara bertutur video ini agak lain dari video-video yang lain. Dimas mencoba bertutur dengan menggunakan bahasa gambar, melalui lukisan pasir yang ia buat diatas kaca.
Lalu 1 lagi video dari Cilacap berjudul AKU INDONESIA.Hernaedy Sidharta yang membuat karya tersebut ingin menceritakan keluh kesahnya terhadap dirinya yang keturunan Tionghoa. Seringkali ia mendapat perilaku yang berbeda dari yang lainnya. Permasalahan ini juga sering terjadi pada warga keturunan Cina yang lain di daerah lainnya. Ia selalu dipandang aneh ketika dirinya melaksanakan sholat di masjid. Karna tak banyak warga keturunan Cina yang memeluk agama Islam. Namun meskipun banyak perlakuan yg berbeda yang dirasakan Hernaedy, ia tetap saja bangga. Karna dirinya adalah anak Indonesia.
27 video yang diputar tersebut cukup memberi dorongan dan motivasi bagi para remaja di Cilacap. Dan tentunya diwaktu-waktu yang akan datang mereka juga ingin membuat video serupa untuk menceritakan tentang dirinya.

Acara tersebut dihadiri kurang labih 30 penonton. Hadir pula Wakasek bagian Kesiswaan Andreas Rivai dari SMK Dr. Soetomo Cilacap. para siswa dari SMK Dr. Soetomo Cilacap, Para peserta workshop Prakerin 2011, SMK N1 Cilacap dan 2 siswi SMK N1 Kebumen. Acara selesai dan ditutup dengan buka puasa bersama.

Contact person para pembuat video :
Famela : 081912616108; Hernaedy S: 085726227577; Dimas : 087737200157

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 12, 2011 in Utama

 

One response to “Pemutaran Video JalanRemaja1208 di CILACAP

  1. Cahyo Warsito

    Agustus 13, 2011 at 2:22 am

    Bagus ceritanya……
    kreatif terus yaa?…..gali teruss!!!!..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: