RSS

Film Baru Galuh Selowati

18 Jul

Hari  Minggu, 17 Juli 2011 pukul 04.30 WIB. Di saat matahari masih belum menampakkan sinarnya, ke 9 anak yang terlibat dalam produksi perdana Film Pendek Program Prakerin 2011, telah berada di pantai jl. Kalimantan Cilacap. Mereka hendak mengabadikan proses matahari terbit. Namun karena cuaca tidak mendukung, alias sedikit mendung maka pengambilan gambar tersebut dilakukan apa-adanya.

Ya, hari ini mereka tidak libur. Mereka akan menggarap film berjudul “Zzttt !!” yang disutradarai langsung oleh Galuh Selowati. Sutradara muda berwajah manis ini mencoba mengangkat cerita tentang anak yang dalam kesehariannya sering kali tertidur. “Dimanapun dalam kondisi apapun, ia selalu tidur. Makannya saya ingin mengangkat cerita ini.” ungkapnya.

Galuh S yang tercatat sebagai siswa kelas XII Jurusan Multimedia SMK N 1 Cilacap ini agak sedikit grogi. Karena ini pertama kalinya ia memproduksi film secara serius dan sesuai dengan aturan yang berlaku di dunia film. Sebelumnya memang ia sering membuat film di sekolah, namun tidak serapi yang sekarang ini. Dulu ia dan teman-teman hanya menulis ide cerita, dan skenario apa adanya, tidak mengenal breakdown skenario, tidak mengenal sett  tempat, pencahayaan, bahkan pengambilan gambarnyapun sesuaka hatinya.

Kali ini, mereka mulai belajar membuat film dengan rapi. Mulai dari penulisan ide cerita, pembuatan skenario, membrakdown kebutuhan skenario, survei lokasi, mencari pemain, mensetting tempat, mencari kostum, make up, pencahayaan, tekhnik pengambilan gambar, proses penyutradaraan, dll. Semua itu mereka pelajari di Program Prakerin di TBM Sangkanparan.

Teguh Rusmadi yang saat itu mendampingi produksi perdana Film Pendek berjudul “ZZttt !!” ini menyatakan bangga dan salut, atas apa yang dilakukan oleh anak-anak hari itu.  Ia berharap, kedapannya tim yang solid ini dapat terus bekerjasama dengan baik.

Di sisi lain Insan Indah Pribadi selaku presiden komunitas Sangkanparan menjelaskan. Pembuatan Film Pendek ini dilakukan atas dasar Mendukung dan Memfasilitasi Remaja dalam Berkarya. Program pemfaasilitasan remaja dalam berkarya ini sudah dilakukan bertahun-tahun oleh Sangkanparan. Melalui Program GFRB (Gerakan Fasilitas Remaja Berkarya) Sangkanparan melahirkan beberapa karya Film Pendek buatan Remaja Cilacap, yang semuanya itu berlatar belakang Cilacapan (Banyumasan), dengan dialek Cilacapan dan  berlatar belakang Cilacap.

“Jika di luar sana ada yang pernah bilang, harusnya Sangkanparan bikin film yang bisa menjual wisata dan budaya Cilacap, agar Cilacap bisa lebih dikenal, Maka hal itu telah kami lakukan.” Ungkap Insan, pria yang mengaku setegah tua ini sambil meminum jus sirsaknya, untuk mengobati sakit pinggangnya ini. Karna baginya dengan membuat film pendek berdialek lokal Cilacapan ini merupakan salah satu ungkapan kebanggaan terhadap budaya daerah. Selain itu, film-film pendek hasil produksi anak didik Sangkanparan ini sering mewarnai berbagai Festival Film yang diselenggarakan di Indonesia. Bahkan tak sedikit yang memperolah penghargaan.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 18, 2011 in BERITA TERBARU

 

2 responses to “Film Baru Galuh Selowati

  1. Verryviciouz Poenya Chaunyielnounaceriwiss

    Juli 19, 2011 at 1:45 am

    nice…🙂
    lanjutkan kreativitas mu ndoo…
    tetap semangat dan yakin ke depan nya akan lebih baik lagi..🙂

     
  2. sangkanparan

    Juli 19, 2011 at 3:30 pm

    sip..pastinya !

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: