RSS

Asyiknya Melukis Sepatu !

14 Jul

7 siswa SMK N1 Cilacap dan 2 siswa SMK N1 Kebumen, yang sedang mengikuti program Prakerin di Sangkanparan kini semakin disibukan dengan tugas-tugas barunya. Setelah sebelumnya mereka mendapatkan materi dasar fotografi, memotret dengn kaleng, pengenalan kamera, dan mempraktekan Jimi Jib, kini mereka mulai menerapkan teori Nirmana dalam karya-karyanya. Nirmana merupakan teori dasar dalam pelajaran Desain Grafis yang seharusnya diajarkan dalam jurusan Multimedia. Namun yang terjadi justru sebaliknya, teori ini sering diabaikan, sehingga seolah siswa jurusan multimedia dipaksa untuk mengenal alat-alat multimedia saja, tanpa di ajarkan logika membangun komposisi seni yang baik. Nirmana merupakan teori dasar membangun gambar menjadi bentuk/komposisi yang menarik. Berdsar media, nirmana dibagai menjadi Nirmana Dwimatra, dan Nirmana Trimatra. Nirmana Dwi matra, berhubungan dengn komposisi gambar 2 dimensi, dan Nirmana Trimatra, merupakan komposisi benda menjadi bentuk yang menarik (berwujud benda 3 D).

Pada kesempatan kali in, sangkanparan memberikan kesempatan kepada para peserta prakerin, untuk berkarya melalui media Lukis Sepatu. Ya, pagi itu Selasa 12 Juli 2011, mereka sudah tak sabar lagi ingin mencorat-coret sepatu yang sudah dibelinya. Sepatu kanvas putih akan disulap menjadi penuh warna. Seperti hari-hari biasanya, Sangkanparan selalu menghadirkan pemateri. Jika sebelumnya Teguh Rusmadi mengantarkan materi tentang Jimi Jib, maka pada kali ini Daryono Yunani yang kita kenal sebagai sesepuh dalam dunia Seni Rupa di Cilacap turut serta hadir dalam kegiatan tersebut. Daryono Yunani, memberikan pengetahuan tentang bahan serta tekhnik-tekhnik melukis pada media kanvas. Lalu dengan antusias, para peserta mulai mempraktekkan apa yang disampaikan oleh Daryono Yunani selaku pemateri pada siang itu. Satu per satu sepatu di cat, dan sepatupun kini menjadi penuh warna. Coraknya pun beragam.

Seni melukis sepatu sudah lama menjadi trend di kalangan anak muda, hanya saja di Cilacap hal semacam ini belum ramai. Karena penggeraknya tidak ada. Selain itu, perkembangan komunitas kesenian di Cilacap tak seramai di kota-kota besar lainnya. Semoga apa yag kami lakukan, bisa memotivasi komunitas lain untuk turut serta mewarnai masa depan bangsa ini dengan hal yang membanggakan.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 14, 2011 in Utama

 

2 responses to “Asyiknya Melukis Sepatu !

  1. cahyo

    Juli 19, 2011 at 1:47 am

    Yups… memang penting teknik nirmana….. Ok saya juga kan kenalkan kepada siswa jurusan multimedia ….
    Terimakasih Pak Insan……..atas bimbingannya kepada siswa-siswa kami….

    keren-keren hasilnyaa….😉

     
  2. sangkanparan

    Juli 19, 2011 at 3:29 pm

    sama-sama pak…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: