RSS

Pengenalan JIMI JIB oleh Bang Teguh

08 Jul

Pada panggung pertunjukan music, seringkali kita melihat alat panjang yang berputar-melintas diatas penonton. Diujungnya terdapat sebuah kamera yang dioperasikan secara khusus untuk mendapatkan gambar dari atas. Alat semacam ini disebut Jimi Jib. Banyak pertunjukan music luar ruang, pembuatan video klip atau bahkan pernikahan besar yang menggunakan alat Jimi Jib ini. Dalam pembuatan filmpun, tatkala membutuhkan jimi jib jika memang ada sudut pandang / angle yang dirasa perlu menggunakan jimi jib.

Pengoperasian jimi jib tak semudah mengoperasikan kamera video. Karena kita harus memahami dengan betul gambar yang akan diambil. Memperhatikan gambar, memahami alat, serta menguasai ruang gerak sudah pasti sangat membutuhkan tekhnik khusus yang tidak sederhana. Hal ini dilakukan oleh Teguh Rusmadi, seorang pegiat film dari Cilacap yang sudah hampir 7 tahun bergelut di bidang multimedia, dan mengoperasikan Jimi Jib. Hanya dia satu-satunya orang yang dipercaya mampu mengoperasikan jimi jib dengan baik di Cilacap. Ia mengenal Jimi Jib dan peralatan lainnya di ABADI Multimedia – Cilacap, sebuah rumah kreatif yang bergerak dalam bidang jasa Video Shooting. Banyak sekali perkawinan yang ia liput dengan menggunakan jimi jib ini, selain itu, Teguh juga banyak digunakan oleh beberapa PH luar, untuk mengoperasikan jimi jib pada acara-acara pertunjukan music Band-band ternama, sebut saja GIGI, NAFF, SLANK, dll. Jadi tak heran jika kemampuannya kini sudah tidak diragukan lagi.

Pada kesempatan yang sangat membahagiakan ini, di hari Kamis, tanggal 7 bulan 7 tahun 2011. Teguh Rusmadi ingin membagikan pengalamannya. Sekedar share dan memanfaatkan moment yang tepat. Maka dibuatkah kegiatan Pelatihan Multimedia : Pengenalan Jimi Jib dan proses pengoperasiannya. Kegiatan itu dikhususkan untuk siswa-siswi yang mengikuti program Prakerin di TBM (Taman Belajar Multimedia) Sangkanparan.

Pukul 15.00 wib, studio ABADI Multimedia di jl. Langsep Cilacap telah diramaikan oleh 9 orang siswa. 7 dari SMKN1 Cilacap dan 2 dari SMKN1 Kebumen. Mereka hendak menyimak materi yang diajarkan mas Teguh dengan seksama. Mulai dari persiapan, perakitan alat, pemasangan kamera, proses penimbangan, sampai proses mengoperasikan kamera pada jimi jib.

Tanaka Wijaya, atau yang lebih akrab dipanggil Ten-ten, memberikan keleluasaan bagi para peserta pelatihan untuk memahami dengan betul bagaimana prosesnya. Tak segan-segan, iapun menambahkan beberapa materi yang sangat penting untuk dimengerti bagi para peserta pelaithan tersebut. Ten-ten yang sekaligus sebagai direktur utama / pemilik ABADI Multimedia menambahkan “Semoga Program-program Pelatihan semacam ini tidak sia-sia diadakan. Harapannya dengan pelatihan ini, diharapkan akan ada bibit-bibit baru yang memang benar-benar serius bermain dalam bidang multimedia.”

Kegiatan ini dilakukan di 2 tempat. Yang pertama di jl Langsep. Mengambil perspektif dan suasana keramaian pasar, Dan di malam harinya, disebuah warung Bu Shinta, jl Kauman Cilacap, mencoba mengambil suasana warung.

Semoga, kegiatan yang kami lakukan ini, dapat berguna bagi para peserta program Prakerin di TBM Sangkanparan. Dan dapat menciptakan bibit-bibit baru yang unggul, dan benar-benar serius dalam bidang Multimedia.

Kegiatan ini dilakukan atas kerjasama Sangkanparan dan ABADI Multimedia. Terimakasih kepada : Ten-ten, ABADI Multimedia, Ci Shinta, Warung Bu Shinta, Nanki dan Asep dari Purbalingga, Dewi Kusumawati, Prana Ramadania, dan seluruhnya saja yang telah turut membantu terlaksananya program di TBM Sangkanparan.

 

 

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 8, 2011 in BERITA TERBARU, Utama

 

4 responses to “Pengenalan JIMI JIB oleh Bang Teguh

  1. Prita

    Juli 8, 2011 at 4:25 pm

    wow, mas teguh keren..
    aku tak menyangka..

     
  2. Renita

    Juli 8, 2011 at 4:26 pm

    Ini toh BTS nya CSM yg latah itu?

     
  3. sangkanparan

    Juli 8, 2011 at 4:29 pm

    hahaha, teguh bukan latah..tapi kagetan..
    makannya cepet tua …

    thanks comentnya yaaaa

     
  4. rama

    Januari 8, 2013 at 7:52 am

    saya sering meliput acara wedding,sya ingin sekali belajar menoperasikan jimijib,dimana saya bisa belajar…..bang teguh…sementara saya tinggal d palembang

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: