RSS

Workshop Video Kampung Cilacap

05 Jul

.Usai sudah rangkaian acara Workshop Video Kampung 2010. Acara yang di gelar sejak 19 April hingga, 1 Mei 2010 membuktikan bahwa masyarakat umum pun, bisa membuat film. Acara yang diikuti remaja dari berbagai desa/kelurahan ini benar-benar terasa singkat. Ya, di 3 hari awal mereka belajar tentang cara bikin scenario yang dipandu oleh Insan Indah Pribadi, pengenalan kamera & tekhnik pengambilan gambar oleh Nanki Nirmanto – Purbalingga , serta tekhnik penyutradaraan oleh Bowo Leksono – Purbalingga . Dilanjutkan 4 hari berikutnya, mereka diterjunkan langsung untuk memproduksi film. Selama masa produksi, mereka juga didampingi oleh komunitas film dari berbagai daerah. Turut serta mendampingi, Nanki Nirmanto dan Asep Triyatno dari CLC Purbalingga, serta Abdul Djoni dari Matakaca Solo.

Beberapa filmpun akhirnya diproduksi. Secara sederhana.

Tiba di tahap editing, hadirlah seorang editor handal di kelas Layar lebar, Iklan dan Video klip. Dia adalah Ahsan Andrian dari Konfiden Jakarta. Para peserta Workshop pun menyimak dengan serius materi editing yang disampaikan oleh Ahsan Andrian di sebuah pendhopo kecamatan Cilacap Utara.

Setelah menyimak dan menyerap materi dasar tentang editing, para peserta dihadapkan langsung pada praktek editing film. Mereka mulai memotong gambar-gambar hasil produksi, untuk kemudian dijadikan film yang utuh.

Sementara beberapa peserta yang belum memiliki konsep scenario untuk di produksi secara besar, mendapatkan kesempatan berbagi bersama dalam PROJECT : MEMOTRET SEKITAR KITA. Dengan berbekal kamera video dari ponsel, mereka mencoba bercerita tentang sesuatu di sekitar mereka.

Dan dipuncak acara, tepatnya pada hari Sabtu, 1 Mei 2010, pukul 19.30 WIB di kecamatan Cilacap Utara diadakanlah Pemutaran Film hasil Workshop Video Kampung. Film film tersebut antara lain: “Ketulusan Berujung Dusta” fiksi durasi 5 menit, sutradara Iis Suyanti ; “JUNED” dokumenter 11 menit, sutrdr Martini, dan “Yang tak Terduga” fiksi 6 menit, sutradara N Arby. Selain Pemutaran Film peserta, diputar pula beberapa video behind the scene hasil rekaman selama peserta melakukan kegiatan di WVK 2010 ini. Rekaman kegiatan / behind the scene tersebut juga di kemas dalam bentuk film oleh Teguh Rusmadi, seorang pemuda dari desa Bandengan Cilacap. Di malam itu, peserta juga diwajibkan untuk mempresentasikan karyanya dihadapan masyarakat umum. Bercerita tentang suka dukanya selama produksi film berlangsung, dan segala persiapan yang dilakukan hingga film mereka jadi.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 5, 2011 in Utama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: