RSS

gelaran FILM go to KAMPOENK di Perum BKD

14 Agu

Gelaran FILM go to KAMPOENK hadirkan Film – film perjuangan. Kamis, 14 Agustus 2008 (jam 7malam)di RT03 Perum BKD Blok 20 Gumilir Cilacap. Layar yang dibentangkan menutupi jalan di kampung ini mampu menyedot ratusan penonton. Seusai maghrib, masyarakat dari berbagai golongan , tua, muda, remaja dan anak-anak sudah memadati lokasi pemutaran film yang diselenggarakan oleh komunitas Sangkanparan bekerjasama dengan pemuda Perum BKD RT3/X.

Acara dibuka dengan pengantar yang disampaikan oleh koordinator Program Ari Wahyu S. yang menyampaikan beberap patah kata tentang kegiatan sangkanparan serta ajakan untuk terus berjuang melawan penjajahan. Baginya perkembangan pola pikir anak-anak saat ini sudah terjajah oleh televisi yang semakin tak kenal arah. Karena ia menilai tayangan-tayangan di televisi mulai dari sinetron, pentas musik anak dan sejenisnya hanya membuat anak-anak ini kehilangan masa kanak-kanaknya. Apalagi ketika sang orang tua mendukung anak-anaknya untuk berakting layaknya tokoh idolanya dalam televisi.”Jika orang tua tidak bisa memahami mana tayangan yang baik dan buruk untuk anak, dan mereka tidak bisa mengontrolnya, maka jangan tanya jika dimasa mendatang si anak akan lebih tahu hal-hal yang seharusnya belum saatnya ia ketahui” (Dalam hal ini anak-anak jaman sekarang sudah dipaksa untuk menjadi cepat dewasa)

4 film mewarnai gelaran FILM go to KAMPOENK malam itu. Kemenangan-karya Insan Indah Pribadi Cilacap, Bedjo van Derlaak-karya Eddie Cahyono-Yogyakarta, Untung ora Untung-karya SMAN1 Cilacap dan Cheng-Cheng Po – karya BW Purbanegara – Yogyakarta.

Acara malam ini menjadi lebih berasa ketika Siswa-siswi SMAN1 Cilacap turut memperesentasikan film buatan mereka. Masyarakatpun antusias dan obrolan panjangpun terjadi. Siswa-siswi SMAN1 Cilacap ini bercerita tentang pengolahan ide cerita, sampai keluh kesah yang ia jumpai selama proses pembuatan film berlangsung. Dan merekapun menjawab pertanyaan2 yang dilontarkan beberapa warga Perum BKD.

Yang lebih unik lagi, siswa-siswi SMAN1 Cilacap memberikan hadiah dan doorprize kepada anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan /kuis dari mereka.

Acara ini mendapat sambutan baik dari warga.Karena tontonan semacam ini sangat jarang terjadi dikampung. Semoga tontonan alternatif semacam ini bisa turut membantu mengalihkan perhatian sejenak bapak, Ibu dan anak-anak Indonesia dari televisi. (Pilax)

    sangkanparan special thanks to :Papi+Mami sangkans, Pak RT03/X Perum BKD, Eddi Cahyono-Jogja, BW Purbanegara-Jogja, Pemda Kab. Cilacap, Pak BudiIr Pemda, Mas Dhani, Yoga Oo,rekan2 PKL SMKN1 Cilacap, SMAN1 Cilacap, rekan2 Pers Indonesia, dll

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 14, 2008 in Utama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: