RSS

SYUKURI PENGHARGAAN di bulan APRIL

22 Apr

Belum lama mendapatkan penghargaan Video Klip Terbaik dalam ajang Jember Film Festival (J-FIVAL 2008), Sangkanparan kembali mendapatkan penghargaan dalam ajang Festival Film Telepon Genggam Tegal (Sbtu, 19 April 2008). Festival yang mengkhususkan pengambilan gambar dengan menggunakan media Ponsel ini, dapat dikatakan Festival yang memang baru pertama kali digelar oleh Cipta Jagad’t (Tegal Film Community). Meskipun Festival ini tergolong sederhana, dan belum banyak pihak yang memberikan dukungan, namun keseriusan mereka untuk memberikan sumbangsih dalam mewarnai perubahan di Negeri ini patut dihargai.
Mereka berpendapat, bahwa nantinya teknologi akan semakin maju, dan masyarakat Indonesia mau nggak mau harus bisa mengikuti perkembangan tersebut.

“Bayangkan saja, kesibukan orang semakin tinggi. Pagi berangkat kerja, malam pulang, trus istirahat..Dengan teknologi HP, orang kan bisa menikmati video disaat ia  berada dalam perjalanan (bis, mobil, dsb) ” ungkap Kelvin seorang mahasiswa IKJ yang sekaligus sebagai panitia FFTGT 2008. (baca selanjutnya)
Dalam diskusi yang digelar di sebuah rumah kecil, sembari menikmati Poci khas Tegal, hadir pula beberapa pelajar yang saat itu telah memproduksi video-video dari ponselnya. Kebanyakan dari mereka telah mampu merekam gambar / kejadian disekitar mereka, namun masih belum mampu untuk mempertontonkan kepada masyarakat luas, dan merekapun belum tahu bagaimana caranya meng’upload video-video tersebut ke Internet.
Diskusi yang digelar dibawah sinar bulan purnama itu semakin meluas, ketika Budi seorang Dosen ‘Sejarah Film’ IKJ turut menyampaikan pendapatnya tentang perkembangan komunitas Film di Indonesia. Dengan sedikit merekam sesuatu disekitar kita, maka kita bisa dikatakan sebagai seorang yang turut mencatatkan sejarah di dunia ini. “Di Indonesia teman saya sulit mendapatkan dokumen /rekaman2 tentang Sejarah Indonesia, tapi anehnya di Rotherdam ia malah bisa mendapatkannya” ungkap Budi membagikan ceritanya kepada teman2 komunitas film di Tegal.
Festival ini ditutup dengan Penganugerahan 3 video ponsel terbaik, dan pemutaran film pendek.

Kembali pada penghargaan yang selanjutnya, diberikan oleh beoscope.com kepada Sangkanparan.Pada hari Minggu, 20 April 2008 di Oemah Seni Pereng.
Sore itu, 3 orang dari beoscope .com (baca:bioskop dot kom) hadir di markas besar JKFB di Oemah Seni Pereng Purwokerto. Kehadiran mereka selain memberikan penghargaan, juga mendiskusikan tentang perkembangan video web di Indonesia, serta menginformasikan kompetisi beoscope.com selanjutnya.
beoscope.com yang saat ini, mencoba untuk menjalin kerjasama dengan Telkomsel dan Nokia, ingin mengajak masyarakat semua untuk bersama-sama merekam peristiwa tentang Indonesia. Kedepannya, dengan semakin banyaknya video web yang hadir, maka beoscope.com akan memposisikan dirinya sebagai Showroom yang mengatur video-video yang masuk dalam beoscope.com. sekaligus mengatur hubungan kerjasama antara si Pembuat film, Penikmatnya, dan penyedia layanan.
Diskusi sore itu dihadiri oleh beberapa komunitas film dari Cilacap, dan Purwokerto, hadir pula Kepala PT.Telkom Purwokerto beserta stafnya.
Video-video sangkanparan yang mendapatkan penghargaan dalam competisi Visit Indonesia Year 2008 antara lain : Nusakambangan – karya Wahyu Pilax, Pusaka 2 – karya Insan Indah Pribadi, dan Sunrise – karya Dewi Kusumawati. Hadiah yang diterima berwujud Hp, dengan urutan sbb : Juara 1 Nokia N80, juara2 SE 910i dan Juara 3  Nokia N73.
(insan)🙂

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada April 22, 2008 in Utama

 

One response to “SYUKURI PENGHARGAAN di bulan APRIL

  1. kelvin

    Mei 28, 2008 at 8:36 am

    makasih teman2 sangkanparan, mudah2an jadi berkah juga buat kalian. Kami tunggu partisipasi kalian lagi di FESTIVAL FILM TELEPON GENGGAM TEGAL insyaAllah yang akan kami gelar lagi. KELVIN.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: