RSS

ada KEKUATAN dalam KESEDERHANAAN

21 Apr

(ulasan FFTGT2008)

Seringkali kita berpaling dari acara-acara yang terkesan ringan dan sederhana, dan lebih memilih ikut terlibat dalam acara yang terkesan mewah. Padahal belum tentu acara besar itu memberikan dampak positif bagi kita, dan belum tentu juga acara sederhana adalah acara yang tidak berharga. Hal ini yang mungkin membuat teman2 komunitas di daerah terjebak dalam konsep penyelenggaraan berbagai acara.

Ada harapan yang besar dalam hati setiap orang, Begitu juga komunitas, kelompok atau perkumpulan tertentu. Mereka ingin membuat sesuatu yang besar. Namun mereka lupa, untuk membangun pondasi-pondasi yang kuat, untuk menopang hal besar ini agar tidak jatuh. Bagaimana mungkin sesuatu yang besar ini akan muncul jika tidak dimulai dari yang kecil. (baca selengkapnya –>)

Sebuah diskusi kecil berlangsung dalam Festival Film Telepon Genggam Tegal pada 19 April 2008 di sebuah garasi rumah yang letaknya tak jauh dari jalan raya. Meski sinar bulan yang lagi bunder-bundernya agak tertutup oleh mendung, namun obrolan malam itu melahirkan banyak hal yang akhirnya menjadi tugas besar bagi rekan2 komunitas Film di Tegal.

Ya, lagi-lagi karena permasalahan kurangnya dukungan dari Pemerintah. Hal yang sering terjadi dan sering dialami oleh komunitas di berbagai daerah dalam menjalin hubungan dengan Pemerintah daerahnya. Pemerintah kota Tegal yang terkesan belum memahami benar tentang perkembangan komunitas Film di Tegal, masih saja di pojokkan dengan hal ini. Mungkin obrolan malam itu, seharusnya dihadiri oleh berbagai kalangan, tak hanya komunitas, kesenian dan para pelajar saja. Sehingga pokok persoalan dan segala kendala yang dihadapi dapat diperbincangkan dan didapati solusinya. Atau mungkin saja, ada sejumlah pejabat, yang memang tidak mau hadir dalam acara “kecil” ini, karena memang dianggap “kecil”…

Ada satu kekuatan yang dimiliki oleh komunitas Film Tegal yang menamakan dirinya CIPTA JAGAD’t. Dimana mereka berupaya untuk memperkenalkan teknologi dunia maya kepada masyarakat secara luas, agar nantinya mereka tidak lagi buta, dan bisa semakin cerdas menghadapi kemajuan jaman.

” teknologi sudah semakin maju. Kita semua dihadapkan pada dunia yang semuanya itu berada dalam genggaman. Jadi intinya ya Dunia dalam genggaman ” Ungkap Ja’i sang moderator yang menghantarkan acara pada sesi dialog malam itu. Rekan-rekan Cipta Jagadt ini ingin menyampaikan betapa tidak mungkin kedepannya masyarakat yang banyak memiliki hp dengan teknologi yang canggih, namun mereka tidak bisa memfungsikannya dengan baik? Jika masyarakat Indonesia tidak memahami apa yang dihadapi, berarti sudah bisa dibaca, bahwa masyarakat Indonesia bodo.

Lewat teknologi dunia maya, kita sudah bisa menyimpan segala file kita, yang tidak mungkin bisa hilang.”Ada seorang teman yang sedang membuka situs, dimana disitu tercatat pengeluaran dan pertanggungjawaban APBD dari sebuah daerah. Dia mau tau peredaran uang kota kelahirannya” ulas pak Budi seorang dosen ‘Sejarah Film’ IKJ sebagai pembicara dalam acara Festival Film Telepon Genggam Tegal. Dari sini terbukti, bagaimana akses Internet dapat digunakan oleh semua orang dengan mudah. Dimanapun ia berada. dan apa saja yang ia cari bisa ditemukan.

Melalui Festival Film Telepon Genggam  ini, rekan2 ingin menyampaikan kepeduliannya terhadap maraknya penggunaan ponsel. Sebaiknyalah semua yang dilakukan adalah hal-hal yang positif. Termasuk merekam Tegal dari berbagai sudut, dan menceritakan Tegal dengan terbuka Jujur dan apa adanya. Ini lah yang nantinya akan mengangkat citra kota Tegal.Meskipun sat ini, rekan-rekan komunitas Film Tegal masih gerilya dan berdiri sendiri tanpa dukungan dari siapapun, namun hal-hal kecil lainnya akan terus dilakukan. Seperti pemutaran film2 pendek dan diskusi, sekaligus menyoroti segala sesuatu tentang kota Tegal dari berbagai sudut. Dengan ini, tidak dapat dipungkiri, kemajuan kota Tegal ada di tangan mereka. Tinggal bagaimana masyarakat dan Pemerintah kota Tegal menyikapinya.

Semoga perjuangan Cipta Jagad’t (tegal film community) tak berhenti disini.


 
1 Komentar

Ditulis oleh pada April 21, 2008 in BERITA TERBARU

 

One response to “ada KEKUATAN dalam KESEDERHANAAN

  1. kelvin

    Mei 28, 2008 at 8:43 am

    Perjuangan kami (Tegal Film Community) tentunya tidak lepas dari dukungan teman2 komunitas lain di seluruh Indonesia. Terimakasih.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: