RSS

4 FILM PELAJAR CILACAP hadir di JAKARTA

03 Okt

Film Pelajar Cilacap di Putar di Kineforum Jakarta

CILACAP- Sebanyak 4 film karya pelajar SMAN 1 Cilacap lolos seleksi ajang a Court de’ecran : Courts-Circuit yang digelar Centre Culturel Francais (CCF / Pusat Kebudayaan Prancis), 5-6 Oktober mendatang.

Distributor film, Komunitas visual & multimedia Sangkanparan memperoleh kepastian kemarin. Kordinator Sangkanparan, Insan Indah Pribadi mengatakan, pihaknya mengirimkan 11 film yang seluruhnya karya siswa SMAN 1 Cilacap.

Keempat film itu adalah ”Putih? Cantik?” (Dokumenter, 3 : 45), ”Pacaran : Penting Nggak Sih?” (Dokumenter), ”Hidup Untuk Makan atau Makan Untuk Hidup” (Dokumenter, Alvi, 2) dan ”Estu” (Fiksi, Galuh, 15). Usai tes sekolah, mereka selanjutnya berlatih presentasi sebagai persiapan ke CCF.
 
”Sudah saatnya karya para pelajar tidak hanya diputar untuk keperluan tugas sekolah, di dalam lingkungan sekolah. Karenanya, sebelum ke CCF, akan diputar untuk umum di Cilacap dulu,” jelasnya, kemarin.

Menggali Karakter

Kurator film CCF, Dimas Jayasrana menjelaskan, pihaknya memang menggelar ajang pemutaran film berskala besar saat bulan Oktober. Ada sesi khusus bagi pelajar. ”Semula kami akan memilih film karya pelajar di Jakarta, tapi begitu melihat karya pelajar dari Tangerang dan Cilacap, karya dari Jakarta justru tidak jadi kami putar,” katanya, kemarin.

Karya pelajar dari Tangerang dan Cilacap ditampilkan justru karena mampu membingkai lingkungan sosial secara luas, tanpa meninggalkan kewajaran remaja. ”Melalui film, kami melihat kemauan anak-anak Cilacap untuk menggali karakter mereka sebagai anak Cilacap, dengan bahasa Cilacap, dengan logika Cilacap juga yang khas,” imbuhnya.

Karya akan diputar di Kineforum, Taman Izmail Marzuki (TIM) atas kerjasama dengan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Dia yakin karya akan mendapat sambutan publik.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 3, 2007 in BERITA TERBARU

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: