RSS

3 Film Pendek SMA Purbalingga Siap Meluncur

13 Jun

Kerja keras pelajar SMA Negeri 2 Purbalingga akhirnya membuahkan hasil. Keinginan besar mereka untuk bisa belajar membuat film telah kesampaian. Tiga karya film pendek sekaligus siap meluncur di hadapan publik.

Tasmini, Boncengan, dan Lunas adalah judul karya yang mereka garap selama sepekan mengikuti workshop pembuatan film pendek. Dan ketiga film tersebut adalah hasil workshop film CLC (Cinema Lovers Community) untuk SMA yang digelar pada 6-12 April 2007 lalu.

tasmini.jpgTasmini yang dibesut sutradara perempuan, Evi A. Wahyuni ini berkisah tentang seorang suami yang kesehariannya bekerja sebagai kuli rangsang (panggul) di pasar. Pada suatu hari, kesalahpahaman terjadi. Sang istri sempat termakan omongan tetangga yang mengatakan si suami menyeleweng dengan perempuan bernama Tasmini. Tapi justru saat pulang dari bekerja, sang suami mempersembahkan istrinya sebuah tasmini.

boncengan.jpgBoncengan yang juga dibesut sutradara perempuan, Riza Saputri bercerita seputar kehidupan rumah tangga. Bapak, ibu, dan seorang anak perempuan yang masing-masing mempunyai persoalan namun berhubungan erat. Pada akhirnya orang harus sadar bahwa barang berharga adalah barang yang mempunyai nilai kegunaan dan manfaat.

Sementara film Lunas yang disutradarai Shuheto Hendry mengisahkan sebuah keluarga sederhana nan miskin yang kesulitan dalam membiayai pendidikan anak. Mendatangi tetangga-tetangga untuk meminjam uang pun tak didapat. Apalah kata, musibah menimpa salah satu dari keluarga itu. Namun perjuangan mereka tak sia-sia.

Sutradara film Lunas, Shuheto Hendry, mempunyai kesan bahwa ternyata membuat film itu tidak semudah yang ia kira. “Pemahaman kami saat menerima materi workshop ternyata berbeda dengan penerapannya,” tuturnya.

Namun, Shuheto dan teman-temannya merasa tidak kapok membuat film. “Kami jadi tahu, film yang kami tonton selama ini ternyata bikinnya rumit,” ungkap pelajar yang berjanji akan meneruskan dunia film saat kuliah nanti.

Hal senada diungkapkan Evi A. Wahyuni, Gadis manis yang sebentar lagi menginjak bangku kelas XI ini merasa pengalaman membuat film itu mengasikkan. “Kami mendapat pengalaman yang sangat berharga. Dan rasanya kami harus terus bikin film, mumpung masih muda,” jelasnya.

Pegiat CLC Heru C. Wibowo mengatakan, minat dan antusias pelajar SMA Negeri 2 Purbalingga sangat besar namun tidak direspon dengan baik oleh pihak sekolah. “Kami tidak tega melihat semangat mereka. Karena itu workshop tetap digelar, dengan resiko seluruh biaya dan peralatan dari CLC,” tuturnya.

Heru menambahkan workshop pembuatan film pendek ini merupakan salah satu program CLC untuk mencari bibit sekaligus regenerasi. “Kami terbuka pada sekolah mana saja atau perkumpulan apa saja di Purbalingga untuk menggelar workshop film,” ungkapnya.

Rencananya, film-film ini diputar perdana pada gelaran “Satu Tahun Kita Bersedih” untuk memperingati satu tahun pelarangan program Bioskop Kita dari CLC oleh Pemkab Purbalingga yang dikemas dalam bentuk Parade Film Purbalingga, berupa pemutaran seluruh karya film indie Purbalingga, pada 7 Juli 2007 mendatang.

Ketiga film perdana garapan para pelajar itu telah dikirimkan ke ajang Surabaya 13 Film Festival (S13FFest) dan Hellomotion Festival Jakarta. Dengan subtitle (teks) Inggris, film-film ini pun siap meluncur ke pasaran internasional, menyusul beberapa film yang dikompilasi CLC sebelumnya.

 
27 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 13, 2007 in BERITA TERBARU

 

27 responses to “3 Film Pendek SMA Purbalingga Siap Meluncur

  1. LIDYA iNSANI CLP

    Juli 9, 2007 at 10:33 am

    Saya sangat salut dengan ketekunan teman teman SMU di Purbalingga. Aku nonton parade rasanya rame buanget. Tapi ya itu tadi, sempat terkejut, masih banyak film yang digarap secara amatiran. Tapi ya maklum namanya juga masih belajar.
    Banyak film purbalingga yang berhasil, menurut Dimas JY, banyak menang karena kebetulan, angelnya bagus (spt Bioskop kita lagi sedih, yg kebetulan angelnya pas). Penggarapannya jauh dari harapan.
    tapi tetap bravo, meski kang bowo selalu menang karena kebetulan

     
  2. Bowo Leksono

    Juli 16, 2007 at 4:44 am

    Sopo ki Lidya insani, siapa bilang bowo menang karena kebetulan, lha aku rajin bertahajud lhoooo jadi ada usaha dan ichtiarnya… fitnah itu kalo kemenangan bowo karna kebetulan, Masya Alloh…!

     
  3. dwi AN

    Januari 16, 2008 at 10:59 am

    inyong seneng banget dadi wong purbalingga.saiki bocahe wis pinter2.tapi inget”sa duwur-duwure gunung isih duwur dengkul,sa duwur duwure dengkul isih duwur gundul,sa duwur duwure gundul isih duwur kang maha luhur”

     
  4. eko siswanto

    Januari 30, 2008 at 3:16 am

    saya alumni SMA N 2 Purbalingga periode 2005, dengan jujur saya akui kebanggaan saya terhadap perkembangan yang cukup baik pada SMA N 2 PBG. terus berkarya dan pantang menyerah saudara-saudaraku yang saya cintai karena Alloh….
    Bravo SMANDA….
    salam SMANDA….

    eko sis/ FE UNS-Solo

     
  5. jaizzzz

    Februari 18, 2008 at 8:05 pm

    nah kaya kuwe li,dadi bocah sekolah sing pada kreatip aja isine mung udud2an karo mbekur thok….
    gawe film sing akeh ben smanda pinsa bisa terkenal.
    pokoke imajinasi tiada henti lah……!!!!
    prom :UNDERBRUG Generation 05-06

     
  6. AJIF

    Februari 22, 2008 at 8:36 am

    Saya kurang begitu terkesan dengan film ini karena saya tidak dimainkan disitu, saya sangat kecewa dengan ini

     
  7. syahdan

    Maret 4, 2008 at 3:22 am

    saya sangat bangga karena kalian adalah pengharum purbalingga. buat purbalingga terkenal denganhasil tangan kalian. salam.

     
  8. Priam33 alumi95

    Maret 12, 2008 at 7:09 am

    kalau boleh saya mau main di film tasmini2 untk jadi pemeran pengganti di adegan action. salam buat anak2 di smanda yang sekarang mungkin klas 2.

     
  9. febri nugrahanto

    Maret 19, 2008 at 2:33 am

    hore,…samnda hebat,,,,,,,
    hebat lah,,,,
    namaku FEbri…lulusan 2007
    dan sekarang di international garment training centre
    banggalah buat smanda….tapi pihak sekolah kkurang mendukung kegiatan ekskul ini, dan cenderung memihak pada merpati putih

     
  10. junepin

    Maret 21, 2008 at 8:12 am

    hay,selamet ya atas keberhasilan sman 2 purbalingga udah bikin film yang bisa diliat disemua kalangan indonesia?gw sebagai orang purbalingga juga ga cuma bisa ngasih ini ja?from:jun aril wong purbalingga

     
  11. bayu handika p

    April 25, 2008 at 3:41 am

    whueleh….whueleh!!.Ane bayu loe2san 2007 Ytc.xmanda pbg.
    Slamat dech bwt AntuM semua!!.Gitu donk>>>>mengharumkan nama xma Qt. TERuSZZZ BERKARYA,bErKaRy@ TeRuSSzzzz!!!!
    Pebri,ente kemane ajje???.imuTT kadang nanyain NooHHHH???.sorry bozz.

     
  12. dudud

    Mei 6, 2008 at 10:48 am

    filme yayank.. :P~

     
  13. fatoer

    Juli 6, 2008 at 12:23 pm

    fileme apik juga tuh….!!!???

     
  14. wiwin

    Juli 6, 2008 at 12:26 pm

    aku mewalili alumni thn 2003 sangat puas dgn prestasi adik-adik sekalian, maju terus pantang mundur!!!!!!!!!!!?????????

     
  15. nirlan suheristyanto

    Agustus 21, 2008 at 2:48 pm

    W.O.W……………….WOW!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    HEBAT….SALUT DECH WAT SMANDA…
    SGB ALUMNI SMANDA 2007 Q BANGGA BGDZ DECH….
    SUKSS TERUZ SMANDA….TUNJKN BHW SMANDA BZ….BUKN CM M150 TOX YG BZ…OK!!!!!!!!

     
  16. dwiratna

    September 5, 2008 at 7:26 am

    aku dwiratna ankt2001 bravo deh buat smanda…seneng denger kabar baek kaya gini terrus maju yah..

    dwi lulusan 04/fisip Unair Sby–

     
  17. screamo

    Oktober 21, 2008 at 5:03 am

    SMANDA Kreatif..ga kyk SMA KJB yg kurang iptek…

    wakakakaa

     
  18. aeron julian

    November 16, 2008 at 12:35 pm

    hore!!!!!!!!!!! akhirnya q jd artis! sombong mbox!

     
  19. Nongkie

    November 24, 2008 at 6:44 am

    Rasah gede endase sit, nembe dadi artis kampung be wis sombonge sundul langit.
    nongkie 3IPS3 2002

     
  20. sohirun

    November 24, 2008 at 9:14 am

    Selamat buat SMU N 2 Purbalingga. Terus belajar dan berkarya demi kemajuan bersama.

    Sohirun, lulusan th 2000, sekarang kayak apa ya sekolahane……udah 8 tahun aku tinggalkan sekolahku tercinta. Dulu waktu aku sekolah belum ada tembok kelilingnya lho…..ngeri kan. sekarang kayak apa ya….aku pengin bgt main, tapi ndk sempet. Sekarang aku di semarang.

    Oya, kalo temen2 pengen kenalan silahkan ketemu saya disini:
    Friendster : sohirunfriends@yahoo.co.id
    Blog: http://sohirun.blogspot.com

    Terima kasih

     
  21. Kazuh

    Januari 30, 2009 at 1:31 am

    Lumayan untuk newbei, but salut meski aku telat nontone.
    salam buat angkatan 98. nda sia2 kta babat alas dulu, yang penting adek2 bisa berjaya.

     
  22. diaz

    Februari 19, 2009 at 10:00 am

    wis jan sip….yg penting ada kreasi dan usaha…orang sirik itu biasa dan jangan jd batu sandungan…teruskan kreasimu…alumni smu 2 lulusan th 2000

     
  23. retno IPS3 2004

    Mei 4, 2009 at 4:05 am

    ass, wah salut bgt, 5 tahun lepas dri SMANDA ernyata kemajuannya pesat bgt skrg, semangat terus adik2ku, kpn ni ada siswa smanda yg muncul main di film bioskop ??
    he…. semangat !!!!

     
  24. Evi

    Oktober 27, 2009 at 6:30 pm

    Akhirnya perjuangan tak sia-sia…moga gak cuma smape disini da fil..tapi masih ada selama ada org cinta film..

    aku bangga jadi nak SMANDA khusnya BRANKAS..
    THX GOD..

    Temui aku d Angel_love25@rocketmail.com..FS,YM,FB,Blog..

    SEMAnGAD

     
  25. ANGELIQ

    Februari 3, 2010 at 6:25 am

    EMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM JELLLEEEEG BAGUSAN SMA PUNYA W TW GGH!!!

     
  26. yazt

    Mei 8, 2010 at 7:48 am

    ianx jelasSSS…q bangga bgtzzzzz…cz q juga alumni anggota teater smanda…

     
  27. mnr

    Maret 16, 2011 at 5:46 am

    keren ayo uploud lagu mu disisni
    kirimkan

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: