RSS

PELATIHAN JURNALIS ANAK

28 Mei

belajar1.jpg belajar-5.jpg

ANAK-ANAK BERMAIN SAMBIL BELAJARBenteng Van der Wijck, yang berada di kota Gombong ini menjadi tempat bertemunya Anak-anak dari berbagai daerah. Pertemuan anak-anak antar daerah dalam Temu Forum Anak se DIY-Jateng ini digagas oleh 12 GSM (Gerakan Swadaya Masyarakat). GSM Cai Kahirupan-Cilacap, GSM Minomartani-Purwokerto, GSM Mudimakmur-Jepara, GSM KKS (Kel Kerja Soegiyopranoto)-Semarang, GSM Sidomulyo – Semarang, GSM Sukosiwi – Surakarta, GSM Marudisiwi – Boyolali, GSM Bakti Kasih – Klaten, GSM Mitra Anak Sejati – Jogja, GSM Tumbuh Kembang Anak – Jogja, GSM Yoga Kinasih – Jogja, dan GSM Citra Kasih- Magelang.

Cicilia Elisabeth Admintarsih selaku panitia lokal dari GSM Cai Kahirupan Cilacap, menjelaskan “Temu Forum Anak ini dilaksanakan setiap 4 Bulan sekali, nah kebetulan pada Mei 2007 ini kami mendapat giliran menjadi Tuan Rumah”

Pertemuan tersebut dilaksanakan pada Jum’at 25 Mei 2007 s/d Minggu 27 Mei 2007. Acara yang digelar di Benteng yang diresmikan oleh Jendral Tysno Sudarto, kepala Staf Angkatan Darat pada 5 Oktober 2000 ini, memang tergolong mengasikkan. Karena selain anak-anak dapat bermain dan mengenal daerah di sekitarnya, mereka juga mencoba membangun hubungan komunikasi antar anak-anak yang sebelumnya tidak mereka kenal, dan untuk selanjutnya mereka dapat membentuk sebuah tim kerja yang baik.

 belajar4.jpg belajar2.jpg  

belajar-3.jpg belajar-4.jpg belajar-0.jpg

 Pelatihan Jurnalistik AnakUntuk membekali anak agar dapat mengerti secara langsung dunia media, berita dan sejenisnya, maka tepat pada hari Sabtu, 26 Mei 2007 diadakanlah Pelatihan Jurnalistik Anak. Dengan Pembimbing yang sudah malang melintang di dunia Jurnalistik Sunaryo, dan Andreas Sigit Harsanto dari Suara Merdeka, membuat anak-anak menjadi terpana. Entah karena kegantengan para pembimbingnya atau karena tekhnik presentasinya.Selain Sunaryo, dan Sigit, hadir pula Insan Indah Pribadi – president community of Sangkanparan dan Wharie – Kreator Seni Sangkanparan, untuk membantu jalannya acara.Dalam Pelatihan tersebut, dijelaskan Pengertian Berita, Media, sampai bagaimanakah cara mereka menulis Barita, artikel, dan segala hal tentang Jurnalistik. Acara yang dibagi menjadi 3 sesi itu, menghasilkan beberapa jenis madding dengan kekhasan dan keunikan yang sangat beragam.Tidak hanya duduk mendengarkan dan mengerjakan tugas, tapi anak-anak juga diberi kesempatan untuk berpresentasi mengenai kesulitan-kesulitan yang dihadapi, dan juga menjelaskan apa yang mereka kerjakan selama praktek berlangsung. Pelatihan Jurnalistik Anak, diakhiri dengan jabat tangan, peluk erat dan keharuan. Banyak anak-anak yang meminta alamat, nomor telepon dan juga tanda tangan para tentor/pembimbing.(kayak artis aja)Acara Temu Forum anak masih terus berlangsung sampai hari Minggu 27 Mei 2007.“ Abis ini biasanya kita Out Bond, Mas…Mbok Masnya jangan pulang dulu, ikut Out Bond aja ..” kata Linda salah seorang peserta Temu Forum Anak, kepada para Pembimbing Pelatihan Jurnalistik Anak. Next info : Menyambut Hari Anak Nasional pada Bulan Juli 2007, maka mereka berencana akan mengadakan Audiensi dengan Gubernur Jawa  Tengah. Pertemuan tersebut salah satunya untuk membicarakan tentang keadaan anak-anak di setiap daerah, serta kepedulian Pemerintah terhadap perkembangan anak-anak bangsa Indonesia.

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 28, 2007 in Tak Berkategori

 

3 responses to “PELATIHAN JURNALIS ANAK

  1. Andy Susanto

    Juli 14, 2007 at 5:58 pm

    Salam Sahabat Anak KAKAK

    Acara-acara seperti ini sangat bagus dan bermanfaat bagi anak-anak, dengan memberikan partisipasi anak-anak kita telah memberikan ruang bagi anak untuk berbicara terkait dengan isue anak-anak, dari-oleh-untuk anak..dan semoga ini bisa didengar oleh Pemerintah sebagai pengambil kebijakan “terkait masalah anak”

    sekedar informasi untuk semuanya :
    di Surakarta sendiri yang dicanangkan untuk Kota Layak Anak, telah dibentuk Forum Anak Surakarta (FAS) yang telah mengadakan serangkaian kegiatan, dan semoga dengan keberadan FAS ini bisa menambah Forum2 anak di Jawa Tengah dan saya harap bisa dilibatkan diberbagai kegiatan..

    untuk lebih lanjut mengenai informasi tersebut bisa hub saya di:
    085640687002, 0271-711453

    thankyu
    salam hormat

    Andy Susanto (salah satu kakak pembina FAS)
    KAKAK Foundation Surakarta

     
  2. Arifin Wisnu Wardhana

    Oktober 7, 2007 at 1:54 pm

    saya hanya ingin mengklarifikasi comment saudara Andy Susanto,
    Bahwa, dengan tanpa mengurangi rasa hormat saya, saudara Andy bukan pendamping Forum Anak Surakarta, sehingga,apabila,masyarakat ingin menghubungi Forum Anak Surakarta bisa menghubungi saya,

    Arifin Wisnu Wardhana, selaku Sie Humas Forum Anak Surakarta.

    no. Hp: 085647462718

    atau langsung mengirim email kepada Forum Anak Surakarta di:

    forumanak_surakarta@yahoo.co.id

    atas perhatiannya, kami haturkan terimakasih.

     
  3. usman

    September 27, 2010 at 3:33 am

    gimana sich forum anak surakarta dapet jalan dengan fine???????
    q usman from fornagel (forum Anak Magelang)

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: